Jika merasa bosan dan kurang termotivasi saat berolahraga sendiri, kamu bisa pergi ke tempat fitnes untuk menyiasatinya. Berolahraga di tempat fitness bisa lebih terarah dengan bimbingan dari instruktur berpengalaman dan penggunaan alat-alat yang tepat. Tempat fitnes adalah pusat kebugaran di mana terdapat alat-alat olahraga yang digunakan untuk membantu meningkatkan kebugaran dan membentuk otot tubuh. Bergabung menjadi anggota tempat fitnes dapat menjadi langkah awal untuk mulai berolahraga secara rutin dan menjalani gaya hidup sehat.

Fasilitas Olahraga di Tempat Fitnes

Tempat fitnes memiliki biaya keanggotaan bulanan atau tahunan. Biaya yang dikenakan dapat beragam, tergantung jumlah kelas dan fasilitas yang didapat. Umumnya, tempat fitness memiliki beberapa fasilitas berikut:

1. Area angkat beban

Ruangan ini biasanya dilengkapi alat angkat beban, seperti dumbbell dan kettlebell. Ruangan di tempat fitness ini juga dikelilingi cermin untuk memastikan Anda melakukan gerakan olahraga dan postur tubuh dengan benar.

2. Area untuk melatih kekuatan tubuh

Di area ini terdapat berbagai macam alat yang dapat digunakan untuk melatih kekuatan otot tubuh, contohnya alat chest press untuk melatih otot dada, shoulder press untuk melatih otot bahu, dan leg press untuk melatih otot paha serta bokong.

3. Area olahraga kardio

Area untuk olahraga kardio dilengkapi dengan fasilitas atau alat olahraga untuk melatih organ jantung, seperti treadmill, sepeda statis, dan stair stepper. Ada kalanya ruangan ini juga dilengkapi media audio-visual untuk menghibur dan menyemangati orang yang sedang olahraga.

4. Area olahraga lain

Tempat fitnes juga biasanya menyediakan kelas olahraga khusus, seperti aerobik, kelas dansa seperti zumba atau salsa, yoga, dan pilates.

Umumnya, orang dewasa disarankan untuk melakukan olahraga intensitas sedang sebanyak 150 menit per minggu, atau olahraga dengan intensitas berat sebanyak 75 menit per minggu. Selain itu, dianjurkan juga untuk melakukan olahraga yang dapat melatih kekuatan otot tubuh setidaknya 2 kali dalam seminggu.

Jika kamu baru ingin mulai berolahraga, baik di tempat fitness, di rumah, maupun di tempat lain, sebagai langkah awal, mulailah olahraga secara perlahan dan singkat, misalnya tiga kali seminggu dengan durasi masing-masing 10–15 menit. Setelah itu, tambah intensitas dan durasi olahraga secara bertahap. Lakukan pemanasan sebelum mulai olahraga. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya cedera, membantu meningkatkan sirkulasi darah, sekaligus meningkatkan efektivitas olahraga yang akan dilakukan. Setelah olahraga, dianjurkan juga untuk melakukan peregangan atau pendinginan tubuh. Tujuannya untuk merelaksasi tubuh, menormalkan detak jantung dan napas, serta mencegah nyeri otot.

Salah dalam melakukan teknik atau gerakan dalam berolahraga dapat menyebabkan cedera. Bertanyalah ke instruktur di tempat fitnes jika kamu merasa tidak yakin akan suatu gerakan atau cara menggunakan alat tertentu.  Yuk mulai hidup sehatmu dengan rutin olahraga. Pergi ke gym bisa menjadi salah satu pilihan, karena tersedia berbagai macam pilihan alat untuk membentuk tubuhmu. Bingung cari gym khusus wanita dengan harga terjangkau dan fasilitas lengkap? Yuk join membership di Haawa Gym Indonesia.