Pilates terdiri atas berbagai gerakan yang berfokus pada perut, pinggang, panggul, dan paha. Olahraga yang tergolong low-impact ini dapat melatih ketahanan, kekuatan, dan fleksibilitas otot. Manfaat pilates tidak hanya untuk mencapai berat badan ideal, tetapi juga melatih kekuatan sekaligus kelenturan otot inti tubuh. Otot tubuh yang kuat dapat menunjang postur tubuh yang baik. Selain itu, masih ada beragam manfaat pilates lain yang juga berdampak pada postur tubuh seperti :

1. Memperbaiki bentuk dan postur tubuh

Rutin melakukan pilates dapat memperbaiki bentuk dan postur tubuh. Hal ini karena pilates melatih otot inti tubuh, seperti otot punggung bawah, otot pinggul, dan otot perut agar dapat bekerja secara harmonis. Pilates juga mampu menyeimbangkan koordinasi tubuh sehingga menjaga postur tubuh yang baik saat duduk atau berdiri.

2. Membuat tubuh menjadi lebih tegap

Jika kamu menghabiskan waktu dengan duduk ketika bekerja, olahraga pilates sangat dianjurkan untuk dilakukan. Terkadang, badan cenderung membungkuk ketika duduk. Dengan pilates, otot-otot inti tubuh menjadi lebih rileks dan kuat sehingga membantu postur tubuh menjadi lebih tegap.

3. Membuat otot tubuh lebih kencang

Otot punggung, otot perut, dan otot dasar panggul berperan dalam hampir setiap gerakan tubuh. Pilates dapat mengencangkan dan meningkatkan kekuatan otot-otot tersebut, sehingga tubuhmu akan lebih stabil dan kokoh.

4. Menjaga berat badan ideal

Olahraga apa pun, termasuk pilates, dapat membakar kalori. Hal ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya disertai dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan melakukan olahraga aerobik, seperti berenang atau berjalan kaki. Kamu bisa memulai rutinitas olahraga untuk menjaga kebugaran dan massa otot dengan olahraga di rumah. Olahraga di rumah akan lebih menyenangkan dengan memiliki panduan video latihan yang telah disusun oleh trainer profesioanal agar olahraga yang kamu lakukan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu kamu bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan nih. Kamu akan mendapat panduan video latihan, e-book pola makan, gratis konsultasi dengan dokter dan trainer profesional jika mengalami kendala selama latihan, hemat waktu dan bensin, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/ yaa.

5. Meringankan nyeri punggung atau otot

Pilates juga bisa menjadi salah satu terapi untuk penderita nyeri punggung bawah kronis. Olahraga ini dapat memperkuat dan meningkatkan elastisitas otot, sehingga mempercepat pemulihan dan meringankan nyeri punggung. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya terapi pilates dilakukan dengan pengawasan dokter.

Pilates mungkin terlihat sebagai latihan yang ringan dan tidak berbahaya. Namun, penderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi tidak disarankan untuk melakukan olahraga ini.