Aromaterapi adalah terapi alternatif untuk menjaga kesehatan tubuh, dengan memanfaatkan wewangian minyak esensial. Minyak aromaterapi berasal dari ekstrak tumbuhan, seperti bunga jeruk pahit, bunga mawar, melati, kenanga, lavender, chamomile, rosemary, mint, tea tree oil, jahe, lemon, kayu putih, sereh, dan kayu manis. Aromaterapi dipercaya dapat membantu memperbaiki suasana hati, hingga mampu meningkatkan kesehatan secara fisik maupun mental. Selain dibakar, ada berbagai cara menggunakan aromaterapi untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Untuk mendapatkan manfaatnya, ada beberapa cara penggunaan aromaterapi yang bisa kamu pilih, yaitu:

1. Menghirup uap aromaterapi

Menghirup uap aromaterapi, khususnya minyak kayu putih, dipercaya dapat meringankan gejala pilek dan hidung tersumbat. Caranya, campurkan 3–7 tetes minyak aromaterapi ke dalam sebaskom air hangat, lalu tundukkan kepala Anda ke atas baskom dan tutupi dengan handuk. Hirup uap yang keluar dari air hangat tersebut selama 2 menit. Atau jika tidak ingin repot, kamu bisa menghirup cotton bud yang sudah diberi 1 tetes minyak kayu putih.

2. Menggunakan diffuser

Diffuser aromaterapi adalah alat yang digunakan untuk mengubah minyak aromaterapi menjadi uap dan menyebarkannya ke seluruh ruangan. Terdapat beragam jenis diffuser, baik dari keramik (tungku) dengan lilin, atau yang memakai tenaga listrik.Pastikan diffuser aromaterapi ini tidak digunakan dalam jangka waktu lama di rumah, terlebih jika salah satu penghuni rumah sedang hamil atau memiliki kondisi medis tertentu.

3. Untuk mandi

Berendam dalam air hangat yang ditambahkan beberapa tetes minyak aromaterapi dapat meredakan stres. Kamu  bisa menggunakan minyak esensial lavender, bergamot, sereh, kenanga, lemon, atau jeruk.

4. Untuk pijat

Ketika memijat tubuh, kamu bisa mencampurkan minyak aromaterapi dengan minyak pijat. Selain membuat tubuh menjadi relaks, campuran minyak ini juga dapat mengurangi otot yang tegang atau nyeri. Namun pada sebagian orang, minyak aromaterapi dapat menyebabkan alergi dan iritasi pada kulit. Jadi, hindari penggunaan minyak aromaterapi secara berlebihan, dan pastikan minyak tersebut sudah diencerkan atau dicampur dengan minyak lainnya. Perlu diingat, jangan mengoleskan minyak aromaterapi pada bagian kulit yang rusak.

5. Produk perawatan tubuh

Ada berbagai produk perawatan tubuh, seperti losion atau scrub, yang mengandung minyak esensial. Beberapa minyak esensial juga diproduksi khusus untuk dioleskan langsung pada kulit, guna mengharumkan tubuh.

Manfaat Aromaterapi

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa aromaterapi memiliki beberapa manfaat terhadap kesehatan, antara lain:

  • Membuat tubuh dan pikiran menjadi santai
  • Meningkatkan kualitas tidur dan membantu meringankan insomnia
  • Meringankan rasa sakit, seperti nyeri haid, nyeri akibat batu ginjal, atau nyeri pada osteoartritis
  • Membantu mengurangi stres
  • Melawan bakteri, virus, dan jamur jika dioleskan ke kulit
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Memperlancar pencernaan
  • Meringankan rasa gelisah ketika bersalin
  • Meredakan sakit kepala dan migrain
  • Meredakan mual

Selain itu aromaterapi bisa kamu gunakan sembari olaharag di rumah agar suasana lebih nyaman dan pikiran lebih focus. Olahraga di rumah akan lebih menyenangkan dengan memiliki panduan video latihan yang telah disusun oleh trainer profesioanal agar olahraga yang kamu lakukan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu kamu bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan nih. Kamu akan mendapat panduan video latihan, e-book pola makan, gratis konsultasi dengan dokter dan trainer profesional jika mengalami kendala selama latihan, hemat waktu dan bensin, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/ yaa. Lakukanlah olahraga secara rutin minimal 30 menit sehari, ya. Selain mempertahankan berat badan ideal, rutin berolahraga juga akan mencegahmu terkena berbagai macam penyakit dan membuat mood-mu lebih baik.