Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk membuat aktivitas olahraga semakin menyenangkan. Ada orang yang suka olahraga dengan keadaan sepi dan sunyi. Namun, ada pula orang yang memilih olahraga ditemani dengan alunan musik favoritnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga sambil mendengarkan musik yang perlu Sahabat Hawa ketahui:

1. Meningkatkan intensitas olahraga

Kamu sadar nggak kalau mendengarkan musik dapat mendorong tubuh untuk bergerak? Nah, kalau dilakukan sembari berolahraga, ini bisa membuat olahragamu terasa lebih mudah dan bersemangat.

Bukannya terfokus pada rasa lelah karena olahraga, musik justru akan memengaruhi pikiranmu untuk membuat tubuh terus bergerak mengikuti irama. Jadi, intensitas olahragamu pun bisa meningkat.

2. Menambah durasi olahraga

Berbagai penelitian telah membuktikan kalau musik dapat mendorong seseorang untuk berolahraga lebih lama dibandingkan dengan yang tidak mendengarkannya. Ini juga bisa menjadi solusi untuk memotivasi diri agar tetap berolahraga kalau kamu sedang tidak mood.

3. Meningkatkan koordinasi tubuh

Olahraga memang menjadi cara yang efektif untuk melatih koordinasi tubuh. Namun, bila dibarengi dengan mendengarkan musik, manfaat ini bisa kamu dapatkan secara maksimal. Gerakan tubuh yang mengikuti lantunan irama musik dapat membuat kemampuan motorik semakin lebih baik lagi.

4. Meredakan stres

Kalau kamu sedang merasa stres, coba deh berolahraga sambil ditemani dengan musik favoritmu. Pasalnya, berolahraga sambil mendengarkan musik yang kamu sukai dapat membantu meningkatkan produksi hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati serta mengurangi tingkat stres.

5. Mengurangi risiko cedera

Menurut penelitian, mendengarkan musik dengan tempo yang cepat saat olahraga dapat membuat gerakan tubuh lebih selaras. Gerakan yang selaras akan mengurangi risiko terjadinya cedera saat berolahraga. Namun, jangan lupa tetap melakukan pemanasan yang cukup sebelumnya, ya.

Jenis musik untuk menemani olahraga sebenarnya bebas, kok. Kamu dapat memutar lagu-lagu favorit dan memilih tempo musik yang sesuai dengan seleramu. Kamu juga bisa sesuaikan musik dengan jenis olahraga yang dilakukan. Contohnya, musik hip-hop ketika bersepeda dan musik klasik saat yoga.

Penting kamu ingat, pastikan volume musik tidak terlalu keras karena dapat menyebabkan kerusakan pada gendang telinga. Selain itu, jika akan melakukan gerakan yang membutuhkan konsentrasi, kecilkan volume atau matikan sejenak musik yang sedang kamu putar, guna menghindari cedera.