Hari Raya Lebaran menjadi momen silaturahmi setelah menjalani puasa satu bulan penuh. Tidak lengkap rasanya jika melewatkan Hari Raya tanpa acara tanpa makan-makan. Namun kamu perlu waspada, sebab menu makanan yang wajib di Hari Lebaran (seperti opor, gulai, rendang, dan makanan lainnya), kerap kali memicu kolesterol naik. Oleh karena itu, penting untuk mulai mempersiapkan cara mencegah kolesterol naik pasca lebaran. 

Kadar kolesterol yang terlampau tinggi lama-kelamaan bisa menumpuk di pembuluh darah, sehingga dapat menyumbat dan mengganggu aliran darah. Tak cuma itu saja, menumpuknya kadar kolesterol bisa menyebabkan dinding pembuluh darah menyempit, melemah, bahkan rusak.

Lantas, bagaimana sih mencegah kolesterol naik setelah lebaran? 

1)Kurangi Asupan Lemak Jenuh

Cara mencegah kolesterol tinggi setelah lebaran juga bisa dengan mengurangi makanan yang kaya lemak jenuh. Lemak jenuh banyak ditemukan dalam daging merah dan produk susu berlemak penuh, yang dapat meningkatkan kolesterol tubuh. Mengurangi konsumsi lemak jenuh dapat mengurangi kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat

2) Batasi Makanan yang Mengandung Kolesterol

Usahakan untuk mengonsumsi kurang dari 200 miligram kolesterol setiap hari untuk mencegah kolesterol naik. Kolesterol ada dalam makanan hewani, seperti hati dan jeroan lainnya, kuning telur, udang, dan produk susu murni.

3) Konsumsi Omega-3

Cara mencegah kolesterol naik setelah lebaran juga bisa melalui asupan makanan yang kaya asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 tidak memengaruhi kolesterol LDL. Namun, makanan ini memiliki manfaat kesehatan jantung lainnya, termasuk mengurangi tekanan darah. Kamu bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dari salmon, mackerel, herring, kenari, dan biji rami.

4) Makan Banyak Buah dan Sayuran

Pola makan yang kaya buah dan sayuran bisa meningkatkan senyawa penting penurun kolesterol dalam makanan kamu. Senyawa yang disebut stanol tanaman atau sterol, bekerja dengan cara yang sama seperti serat larut dalam menurunkan kolesterol. 

5) Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga dapat mencegah dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Aktivitas fisik sedang dapat membantu meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Oleh sebab itu, cobalah rutin berolahraga setidaknya 30 menit lima kali seminggu, atau aktivitas aerobik yang kuat selama 20 menit tiga kali seminggu. Jika kamu merasa tidak bisa konsisten dalam berolahraga, yuk coba ikut gabung membership Hawa Gym. Fasilitas lengkap, harga terjangkau serta lokasi strategis.