Belum memperoleh hasil yang baik meski sudah latihan dalam waktu yang lama? Salah satu penyebab pembentukan otot terhambat bisa jadi karena pola makan yang kurang tepat.

Di satu sisi masih sering latihan atau berolahraga tapi di sisi lainnya porsi junk food juga masih tidak terkontrol.  Mari sama-sama kita ubah pola makan kita.

Ikuti beberapa tips berikut untuk pola makan tepat membentuk otot.

  1. Mulai Dengan Mengatur Menu Makanan
    Langkah pertama adalah membuat daftar menu makanan sehari-hari. Langkah ini membantumu mengonsumsi makanan yang tepat secara konsisten.
    Mulai dengan mengatur menu sarapan setelah itu makan siang juga makan malam. Dalam satu hari kamu juga bisa menambahkan jadwal makan camilan.
    Supaya makanan yang kamu konsumsi tidak berlebihan hitunglah kebutuhan kalorimu. Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda karena berat badan dan tinggi badannya pun berbeda.
  2. Konsumsi Karbohidrat Kompleks
    Mengikuti pola makan untuk membentuk otot ini sangat mudah. Ahli gizi lebih menganjurkan kita memilih makanan yang kaya karbohidrat kompleks.
    Contoh makanannya pun sangat banyak seperti gandum, beras merah, soba, buah beri, quinoa, hingga buah apel.
    Agar tidak mudah bosan buatlah jadwal makanan yang berbeda setiap harinya.
  3. Tingkatkan Konsumsi Protein
    Tahukah kamu berapa kadar protein yang dibutuhkan untuk membentuk otot? Jawabannya adalah 10-35% dari jumlah kalori. Lantas, makanan apa saja yang kaya kadar protein?
    Mulailah dengan mengonsumsi makanan paling sederhana yakni telur dan kacang kedelai.
    Kemudian kombinasikan dengan mengonsumsi ikan tuna, dada ayam, dan susu.
    Ketika mengikuti pola makan untuk membentuk otot ini niscaya tubuhmu akan menjadi lebih atletis. Lemak berlebih pada tubuh mulai menghilang digantikan oleh massa otot.
  4. Hanya Konsumsi Lemak Baik
    Tubuh kita setiap harinya membutuhkan lemak sehat sekitar 44-77 gram. Pilih makanan dengan kadar lemak baik yang juga membantu meningkatkan kadar HDL dalam darah.
    Ada pun jenis-jenis lemak baik di antaranya adalah kacang mete, minyak canola, alpukat, dan ikan salmon. Lemak baik tidak hanya baik untuk kadar kolesterol tapi juga mengurangi resiko penyakit stroke atau serangan jantung.
  5. Pastikan Mineral Tetap Mencukupi
    Bagaimana pola makan untuk membentuk otot sempurna? Selain mengikuti beberapa tips yang telah kami sebutkan sebelumnya jaga pula asupan mineral pada tubuhmu.
    Menjaga kadar air saat berolahraga sangat penting alangkah baiknya jika kamu minum satu gelas air setelah 15-20 menit berolahraga.
    Sebelum berolahraga minumlah air sekitar 2 gelas supaya tubuh tidak gampang lelah atau dehidrasi meski mengeluarkan banyak keringat.
  6. Jaga Pencernaan Dengan Konsumsi Yoghurt
    Salah satu penyebab perut buncit adalah pencernaan yang tidak lancar. Sementara itu, kondisi perut buncit mengharuskan kamu bekerja 2 kali lebih keras untuk membentuk otot.
    Salah satu solusi mengatasi perut buncit sebenarnya sangat sederhana. Selain melakukan berbagai latihan otot yang merangsang kontraksi pada otot perut konsumsilah yoghurt secara rutin.
    Yoghurt mengandung nutrisi yang baik seperti B12, magnesium, zinc, kalium, kalsium dan sebagainya.
    Jika tidak begitu menyukai rasa yoghurt plain yang asam,  Anda bisa menambahkan beberapa potongan buah stroberi atau beri di dalamnya.
  7. Hindari Konsumsi Junk Food Atau Makanan Olahan
    Pola makan untuk membentuk otot terbaik adalah menghindari konsumsi makanan olahan seperti sosis atau kornet. Jika tidak menghindari, sebaiknya kurangi juga mengonsumsi junk food seperti hot dog, pizza, burger dan sebagainya.Semua makanan tersebut mengandung kadar kolesterol dan lemak tinggi yang tidak baik untuk tubuh.

    Menjaga makanan merupakan hal penting karena setiap harinya tubuh beraktivitas dan memerlukan energi baru. Lakukan olahraga secara rutin tanpa mengorbankan rutinitas makan favoritmu.