Salah satu latihan kebugaran jasmani yang cukup populer sekarang ini.  Kolaborasi gerakan antara Hip-Hop, Soca, Samba, Salsa, Meringue, Mambo dan Seni Bela Diri memang dinilai cukup unik. Gerakanya sangat Ritmatis dan tidak terlalu memaksa kemampuan pribadi. Pencipta tarian ini adalah Alberto ‘Beto’ Perez pada tahun 1990-an, Ia adalah salah satu penari serta koreografer di Kolumbia. Sekarang 14 juta lebih orang di dunia yang mengambil kelas Zumba Dance. Bagi Anda yang mengaku memiliki fisik kuat atau kelebihan berat badan, sangat disarankan untuk mengikuti. Mengapa? Lihat list manfaat Zumba Dance bagi tubuh kita :

  1. Rencana Program Diet

Anda yang memiliki berat tubuh lebih disarankan untuk mengikuti sesi latihan ini. Sebab salah satu tujuan Zumba Dance adalah untuk membakar kalori dan lemak. Ketika anda melakukan Zumba Dance, intesitas lemak menjadi turun. Lalu posisi tersebut digantikan oleh kalori tubuh. Karena letak lemak berada pada pembakaran tubuh, maka kalori juga ikut terbakar. Hasil akhirnya berat badan Anda turun.

  1. Membuat Seluruh Tubuh Bekerja

Zumba Dance memiliki tarian dan koreografer yang unik. Penggabungan gerakannya mampu membuat otot tubuh Anda bekerja secara sempurna. Meski Anda merasa lelah nantinya, namun Anda akan merasa puas. Sebab latihan ini memuaskan seluruh tubuh Anda untuk bergerak sesuai irama.

  1. Anda Senang!

Apa artinya sekolah tanpa teman? Membosankan! Jauh dari menyenangkan. Itulah inti dari kenyamanan. Zumba dance membuat anda bahagia. Latihanya mengharuskan anda untuk selalu tersenyum. Hormone dalam tubuh jika anda tersenyum akan menguncur deras dari kelenjar pituitary. Hormone tersebut juga mampu menangkal depressi dan stress. Sangat dianjurkan untuk anda yang memiliki tekanan dalam tubuh.

  1. Otot Lebih Mengencang

Merasa tubuh Anda begitu ngelambrek? Artinya Anda perlu Zumba! Manusia pada umumnya memiliki otot yang yang jarang dibuat untuk berolahraga. Sehingga otot tersebut kendor dan membuat terlihat gendut. Tubuh anda terlihat jelek sebab otot yang mencuat seperti lemak. Salah satu solusinya dengan latihan yang mampu mengencangkan otot. Gerakan yang dimainkan melibatkan kerja otot, sehingga mampu menguatkan lengan, pinggang, kaki serta mengencangkan perut. Dan bisa tampil lebih ramping dan seksi. Indah bukan?

  1. For All Age!

Senam yang cocok untuk kalangan semua usia! Anda tak perlu takut ketika pergi senam untuk menitipkan anak kemana. Sebab Zumba Dance sifatnya fleksibel. Cocok untuk kalangan semua umur. Ketika latihan Anda akan dibagi ke beberapa kelompok. Misal grup anak-anak, remaja, dewasa, dan manula. Hal ini disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan tubuh anda.

  1. Tampil Lebih Percaya Diri (PD)

Zumba Dance mampu membuat anda PD. Sebab dengan rutinitas yang waktunya continue mampu membentuk diri dan tubuh Anda lebih bagus. Akibatnya rasa percaya tubuh akan muncul. Anda bukan lagi diri anda yang gemuk. Anda bukan lagi diri anda yang memiliki timbunan lemak di perut. Tapi sekarang inilah diri Anda yang cantik. Inilah diri Anda dengan segala kelebihan dan kekurangan Anda!

  1. Meningkatkan Aktifitas Sosial

Anda ingin terkenal? Tapi tak cukup uang untuk masuk TV? Tak usah bingung. Cukup dengan mengikuti Zumba Dance, Anda bisa jadi orang terkenal! Teman anda akan banyak. Kenalan Anda semakin bertambah. Otomatis Anda semakin terkenal dari sebelumnya. Bukankan untuk menjadi terkenal tak perlu masuk TV? Andaikan semua orang mengenal Anda tanpa masuk televisi, Anda sudah disebut orang terkenal.

  1. Memperbaiki Pernafasan

Anda yang bekerja sebagai artis di dunia entertiment yang perifernya lebih ke tarik suara, pasti memerlukan latihan pernafasan kuat. Salah satu faktor pendorong untuk memiliki kekuatan tarikan nafas adalah melatih otot Anda. Jika otot Anda mampu kencang, maka hasilnya juga bagus. Salah satu olah tubuh yang cukup banyak melatih otot adalah Zumba Dance!

  1. All Varians!

Siapa sangka Zumba Dance yang Anda dapatkan di depan cermin dan lantai luas. Tidak! Anda mampu mengikuti kelas Aqua Zumba. Lokasi yang dipakai kali ini berada di dalam air. Berat? benar! Sebab bukan hanya oksigen yang menghalangi Anda bergerak. Namun juga beban diri Anda serta halangan air di sekeliling Anda. Tantangan lebih besar dan berat. Jika Anda memiliki cukup nyali, silakan coba!

  1. Menjaga Usia Anda Tetap ‘AWET MUDA’

Semua otot Anda akan bergerak ketika melakukan Zumba Dance. Bukan hanya otot di tubuh Anda, namun juga wajah Anda. Ketika Anda tersenyum dan tertawa, otot wajah Anda akan bergerak lebih banyak. Hal ini membuat Anda bisa tampak selalu awet muda.

  1. Me-Refresh Pikiran

Zumba membuat Anda lebih sehat. Sebab ketika melakukan kegiatan ini, otot jantung memompa darah ke seluruh tubuh dan melakukan pertukaran darah dari seluruh tubuh yang kembali ke jantung lagi lebih cepat. Akibatnya peredaran darah di otak juga lebih cepat. Otak segera mendapat asupan oksigen lebih banyak, karena darah bersih dari jantung membawa oksigen. Sehingga pikiran Anda akan lebih fresh dari sebelumnya.

  1. Lebih SEHAT

Dengan melakukan rutinitas yang baik untuk tubuh, Anda akan merasa lebih sehat dari sebelumnya. Sebab pertukaran darah kotor dalam tubuh segera cepat tergantikan dengan darah bersih. Sehingga sel-sel juga lebih sehat.

  1. Semakin Bersemangat

Melakukan Zumba mampu meningkatkan semangat dalam diri Anda. Koreografer yang mendorong untuk Anda bergerak lebih menekankan Anda untuk selalu mengikutinya. Apalagi mode gerakan yang ditampilkan adalah Hip-Hop, Dance dan Salsa. Kadang Anda akan menganggap yang dilakukan mirip senam namun juga dancing. Musik pengiringnya yang menghentakan tubuh, memberikan irama yang pas untuk tubuh Anda bergoyang. Saya yakin Anda akan tercandu untuk melakukan Zumba Dance lagi dan lagi.   Anda tertarik dengan Zumba? Ayo Gabung Sekarang Bersama HAWAGYM