Siapa disini yang suka dibilang punya wajah ‘boros’? Hah maksudnya gimana tuh ‘boros’? Iya boros alias terlihat lebih tua dari usianya. Huaa, pasti kesel ya kan jika kita disebut begitu. Padahal kita sudah berusaha mati-matian untuk merawat diri kita biar tetap sehat dan terlihat menarik. Memang sih, seiring dengan pertambahan usia kulit kita juga tentu mengalami perubahan. Kulit jadi kehilangan elastisitasnya bahkan bisa muncul garis-garis halus. Namun, tak jarang ada juga yang memang mengalami penuaan dini. Nah apa saja ya yang bisa membuat kita mengalami penuaan dini?

  • Stres berlebihan

Saat kita mengalami stres, terjadi juga pelepasan hormon kortisol pada tubuh kita. Nah, hormon kortisol ini ternyata memengaruhi kolagen dalam wajah nih. Pelepasan kortisol ini dapat menyebabkan pengurangan kolagen pada kulit dan ini pun dapat menyebabkan kita mengalami penuaan dini. Kolagen berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit terutama berkaitan dengan elastisitas dan kecerahannya.

  • Pola makan yang keliru

Pernah dengar ungkapan “kita adalah apa yang kita makan”? Nah ungkapan ini ternyata sedikit banyak benar lho Sahabat Hawa. Makanan dan minuman yang kita konsumsi akan memengaruhi bagaimana kesehatan kulit kita. Orang-orang yang banyak mengkonsumsi makanan dan minuman dengan tinggi lemak, tinggi gula, dan tinggi karbohidrat cenderung memiliki kulit yang kurang sehat seperti kusam, berjerawat, dan muncul kerutan-kerutan.

  • Tidak menggunakan tabir surya/sunscreen

Berjemur di bawah sinar matahari memang bagus untuk pembentukan tulang, tapi kurang bagus untuk kulit nih. Sinar matahari pada pukul 09.00 sampai 16.00 mengandung ultraviolet dan radikal bebas. Jika terpapar terlalu lama, kulit kita beresiko mengalami penuaan dini. Hal ini ditandai dengan adanya flek hitam dan kerutan. Nah maka dari itu, kita harus memberikan perlindungan pada kulit kita terutama saat berkegiatan outdoor. Caranya dengan rajin mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen. Pilihlah tabir surya dengan kandungan antioksidan serta melindungi dari sinar UVA dan UVB.

  • Banyak konsumsi alkohol

Jika membahas tentang konsumsi alkohol tentu berkaitan dengan fungsi organ hati. Hati berfungsi untuk mengeluarkan racun-racun dalam tubuh, tapi saat kita mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, organ hati pun sulit melakukan fungsinya. Akibatnya, racun dalam organ hati tidak dipecah dengan benar dan timbulah masalah kesehatan termasuk pada kulit. Masalahnya seperti jerawat, keriput, dan warna kulit pucat yang tidak sehat. Selain itu, konsumsi alkohol berlebihan juga dapat membuat tubuh merasa dehidrasi. Dehidrasi akan menyebabkan kulit mudah kering dan mudah timbul kerutan.

  • Kurang tidur

Saat tidur, tubuh kita berada pada kondisi rileks dan pada saat inilah terjadi pertumbuhan serta pergantian sel-sel tubuh kita. Sel-sel tubuh yang rusak akan dibenahi atau diganti dengan yang baru. Hal ini pun berlaku juga untuk kulit kita. Tidur yang cukup dan berkualitas akan mengurangi resiko penuaan dini. Mudah saja, saat kita kurang tidur akan tercipta lingkaran hitam pada bagian bawah mata kita. Lama-kelamaan jika hal ini terus terjadi kerutan-kerutan halus pun akan muncul pada wajah.

  • Tidur miring satu sisi

Semua orang memiliki posisi tidur yang berbeda-beda. Ada yang suka miring ke kiri, ada yang ke kanan, ada yang suka meringkuk, dan lainnya. Namun, taukah kamu bahwa posisi tidur ini bisa membuat kita mengalami penuaan dini? Ketika tidur miring dalam satu posisi, bagian wajah yang berada di bawah akan tertekan. Tekanan dalam waktu lama ini dapat menyebabkan munculnya kerutan pada wajah. Maka dari itu, disarankan untuk tidur dalam posisi terlentang agar tidak ada bagian wajah yang tertekan.

  • Perawatan kulit yang kurang tepat

Sekarang ini sudah banyak yang menyadari pentingnya merawat kulit alias melakukan skincare. Namun, beberapa orang masih melakukannya dengan asal-asalan dan tanpa pengetahuan yang benar. Misalnya menggunakan produk perawatan yang tidak sesuai dengan jenis kulit, kemudian suka lupa membersihkan wajah setelah berpergian, dan lain sebagainya. Hal-hal seperti ini jika terjadi terus menerus juga dapat memengaruhi kondisi kulit wajah kita.

  • Kurang olahraga

Seperti yang kita ketahui tujuan olahraga adalah untuk menjadi lebih bugar dan sehat. Nah hal ini pun akan terlihat pada kulit kita nih. Olahraga dapat melancarkan peredaran darah pada wajah kita. Selain itu, olahraga juga membantu proses pembentukan sel-sel kulit yang baru.