Hai Sahabat Hawa! Kalau sedang berada di bulan puasa rasanya jalanan semakin ramai ya. Apalagi pas sore-sore gitu, kenapa ya? Jelas dong, karena semua orang lagi sibuk berburu takjil! Yup, berbuka puasa rasanya kurang lengkap  kalau nggak diisi dengan takjil. Apalagi takjil-takjil yang tersedia pun banyak yang khas, yang hanya ada saat bulan puasa saja. Uh, jadi makin semangat deh berburu takjilnya! Eits, tapi ternyata ada beberapa takjil yang punya kalori tinggi lho! Apalagi jika kamu makannya dalam porsi yang banyak, hem apa saja ya?

  • Gorengan

Gorengan. Yup, makanan ini adalah salah satu makanan kecintaan sejuta umat. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah menjadi salah satu daya tarik. Gorengan termasuk ke salah satu makanan yang kurang sehat nih Sahabat. Hal ini karena pengolahannya yang dibaluti tepung dan digoreng dalam minyak yang banyak. Namun demikian, masih banyak yang berpikiran makanan ini adalah makanan wajib yang harus ada saat berbuka puasa. Padahal kandungan kalori dalam satu buah gorengan juga cukup tinggi lho. Dalam satu buah tempe goreng mengandung 34 kalori sementara pada satu buah pisang goreng 68 kalori. Memang terlihat sedikit, tapi kalau dimakan bersama nasi dan dalam jumlah yang banyak? Uh, kalorinya jadi meningkat pesat!

  • Martabak Manis

Wahh, kalau ngomongin martabak manis pasti jadi kepingin makan langsung deh. Apalagi buat jadi salah satu menu buka puasa nanti. Yup, martabak manis juga salah satu takjil primadona nih. Apalagi kini sudah tersedia beragam varian dari martabak manis. Belum lagi pilihan toppingnya yang super banyak. Jadi makin asyik deh makan martabak manisnya. EIts, tapi tau ngga nih? Kalori martabak manis ini ternyata sangat tinggi lho. Dalam satu potong martabak manis bisa mengandung sampai 270 kalori! Belum lagi jika toppingnya macam-macam, kandungan kalorinya pun jadi makin banyak. Wah bayangkan jika kamu makan satu porsi penuh, berapa ya kalorinya?

  • Bubur Candil dan Sumsum

Nah, ini juga jadi salah satu takjil favorit semua orang nih. Bubur candil rasanya manis dan teksturnya juga kenyal, jadi pingin ngunyah terus deh. Apalagi jika ditambah dengan santan, rasanya jadi manis dan gurih. Bubur candil juga biasa disajikan dengan bubur sumsum. Namun, ternyata takjil ini juga memiliki kalori yang tinggi lho. Dalam satu mangkuk bubur candil terkadung 364 kalori. Jumlah kalori tersebut pun makin bertambah jika bubur candil disajikan dengan bubur sumsum.

  • Kolak

Kolak jadi salah satu takjil yang identik banget dengan bulan puasa nih. Hampir di setiap pedagang selalu ditemukan si kolak ini. Kolak pun tersedia dalam berbagai variasi. Ada yang dari singkong, ubi jalar, dan juga pisang. Belum lagi ada yang diisi sagu mutiara. Wah banyak banget deh pilihan untuk kolak. Namun, hati-hati nih, kolak ternyata bisa jadi salah satu takjil yang membuat berat badan kita bergeser ke kiri. Yup, kalori pada kolak ini tergolong tinggi yakni sebanyak 826 kalori dalam satu mangkuk. Wah, tinggi banget! Hal ini karena bahan-bahan kolak sendiri yang semuanya menyumbang banyak kalori. Seperti, santan, gula, ubi, pisang, dan lainnya.

  • Es Campur

Setelah berhasil puasa seharian penuh, tentu rasanya segar banget jika minum es saat buka puasa. Rasanya plong dan lega banget deh sehabis minum es. Nah, salah satu menu es yang jadi pilihan saat berbuka adalah es campur. Es campur ini terdiri atas beragam isian. Ada berbagai macam buah, kolang-kaling, cincau, nata de coco, terkadang juga berisi kacang merah. Kemudian isian ini berikan es serut dan disiram sirup gula serta susu kental manis. Wah membayangkan isinya saja rasanya jadi segar ya hihi. Namun, kalori dalam semangkuk es campur ini ternyata tinggi lho! Dalam semangkuknya terkandung 300 kalori nih. Hal ini karena kandungan gula dan susu kental manis di dalamnya.