Kata detox berasal dari detoksifikasi yang berarti proses pembuangan racun. Detoks dilakukan dengan mengatur pola makan yang melibatkan puasa dan pantangan untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman selain sayur-sayuran, buah-buahan, jus buah, dan air putih. Banyak orang melakukan detoksifikasi dengan tujuan ingin hidup lebih sehat sekaligus menurunkan berat badan.

Proses detoksifikasi umumnya melibatkan pembatasan akan apa yang bisa dikonsumsi tubuh dalam jangka waktu tertentu. Tubuh diharuskan mengonsumsi makanan-makanan segar dan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan. Jus pun menjadi minuman yang sering dijumpai dalam berbagai metode detoksifikasi. Proses detox dengan mengonsumsi jus sebagai asupan utama umumnya memakan waktu 3-10 hari. Untuk mengetahui manfaat detoksifikasi bagi kesehatan tubuh simak penjelasan berikut :

  • Menjaga sistem pencernaan

Kinerja sistem pencernaan sangat rumit dan cukup menyita energi tubuh dalam jumlah yang besar. Sistem ini mengolah makanan dan minuman yang masuk, memisahkan substansi berguna bagi tubuh, hingga membuang sisa yang tidak diperlukan. Sistem pencernaan juga kerap menjadi lokasi hidup beragam bakteri berfungsi untuk tubuh. Sistem pencernaan tidak sehat menjadikan tubuh tidak optimal. Lakukan detoksifikasi dengan mengatur konsumsi gula berlebihan. Tak hanya dapat menimbulkan gangguan pencernaan, kamu juga berpeluang lebih besar terkena penyakit jantung, diabetes, dan kanker dalam jangka panjang. Bacalah terlebih dahulu label nutrisi pada produk makanan. Waspadalah terhadap gula tambahan pada produk roti dan aneka saus.

  • Membersihkan racun dalam tubuh

Tanpa kamu sadari, setiap hari tubuhmu terekspos oleh berbagai zat beracun secara terus menerus dari lingkungan. Zat polutan, bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker, hingga bahan pengawet dan pestisida dalam makanan yang dikonsumsi memengaruhi metabolisme, kekebalan tubuh, hingga perilaku. Racun tersebut tersimpan dalam jaringan sel-sel tubuhmu, tidak terkecuali otak. Cobalah detoks buah anggur kaya kandungan resveratol, potasium, serta vitamin C sebagai antioksidan yang mampu membersihkan racun dalam tubuh. Makanlah buah anggur selama 3-5 hari berturut-turut selama seminggu.

  • Mencegah penuaan dini

Detoksifikasi membantu membasmi radikal bebas dan kadar besi yang terserap dalam tubuh sebagai faktor penyebab penuaan. Di sisi lain, membantu meningkatkan penyerapan nutrisi, termasuk vitamin dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh agar hormon tetap seimbang. Lakukan detoksifikasi dengan cara membatasi paparan racun yang membahayakan. Cegah penuaan dini dengan mengurangi kebiasaan merokok yang menimbulkan banyak racun, dan kurangi konsumsi alkohol berlebihan sekarang juga.

  • Mencegah penyakit kronis

Racun dalam udara adalah faktor penyebab kanker, serangan jantung, stroke, penyakit saraf, dan masih banyak lagi. Tubuhmu memang sudah dilengkapi mekanisme untuk menyaring racun, misalnya saja organ hati dan ginjal. Namun, apabila kerja mereka terlalu berat karena pola hidup kamu yang tidak sehat, tubuh akan mudah dilumpuhkan oleh racun. Makanlah buah-buahan jeruk yang memiliki kekuatan mendetoksifikasi paling tinggi, selama seminggu penuh. Pilih jeruk manis, jeruk lemon, jeruk ponkam, atau jeruk nipis. Selain kaya vitamin C, jeruk mengandung protein sekaligus serat tinggi. Dengan begitu kamu bisa terhindari dari penyakit stroke, menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, hingga mencegah kanker.

  • Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Daya tahan tubuh yang rendah membuatmu lebih rentan terhadap berbagai penyakit, seperti flu dan demam. Adanya proses detoksifikasi secara teratur turut membantu memperkuat kekebalan tubuh sekaligus melawan infeksi. Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari, atau pilihlah detoksifikasi air jeruk lemon. Tambahkan perasan jeruk manis atau jeruk nipis ke dalam air putih untuk diminum sepanjang hari. Tambahan rasa jeruk di dalam air juga memudahkanmu untuk minum air putih 8 gelas sehari. Tercukupinya cairan memberikan dampak positif sebagai peningkatan kekebalan tubuh.

Selain melakukan detoksifikasi untuk menjaga kesehatan tubuh, olahraga juga diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus menjaga kebugaran agar fisik tetap prima sehingg terhindar dari penyakit tertentu. Intensitas dan frekuensi dalam olahraga juga harus menyesuaikan kondisi tubuh. Olahraga bisa dilakukan dari mana saja misalnya bersepeda atau lari dilingkungan rumah, olahraga di rumah dengan mengikuti video, video yang disediakan dalam program Hawa Gym Home Workout bisa menjadi pilihan karena telah disusun agar olahraga yang latihannya tidak lebih dari 30 menit dapat berdampak sangat efektif bagi kebugaran, selain mendapat video latihan kamu juga akan mendapat pola makan, free konsultasi dengan trainer dan dokter jika mengalami kesulitan dan masih banyak manfaat lainnya. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang program ini bisa kunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/