Bau badan biasanya muncul ketika seseorang banyak berkeringat. Namun, pemicunya bukanlah keringat, melainkan bakteri yang ada di kulit. Saat tubuh banyak berkeringat, bakteri di kulit akan mudah berkembang biak dan memecah protein pada keringat menjadi zat asam, sehingga bau badan pun menjadi tidak sedap. Untuk mengatasi bau badan yuk lakukan tips berikut :

  • Jaga kebersihan diri dengan mandi

Cara paling utama dalam mengatasi bau badan adalah dengan rajin mandi. Sebagai salah satu penyebab bau badan, bakteri sebenarnya dapat dicegah dengan cara rajin menjaga kebersihan diri serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Mandi minimal satu kali sehari merupakan salah satu cara ampuh mencegah serta mengatasi munculnya bau badan karena dapat mengurangi jumlah bakteri dalam tubuh. Pastikan tubuhmu bersih dari bakteri, terutama di bagian yang rentan terhadap keringat dan bakteri, misalnya ketiak atau selangkangan. Jika bau badan muncul tiba-tiba, kamu bisa mencuci bagian yang berkeringat dengan air dan sabun antibakteri. Ini dapat mengurangi bakteri yang terdapat pada kulit. Setelah membersihkan bagian yang berkeringat, segeralah memakai deodoran atau antiperspiran untuk mencegah munculnya bau badan kembali.

  • Keringkan badan dengan benar

Setelah mandi, pastikan kamu selalu mengeringkan badan dengan benar, terutama pada area tubuh yang banyak menghasilkan keringat, misalnya ketiak. Caranya adalah dengan mengusap lembut bagian tubuh dengan handuk sampai kering, sehingga bakteri penyebab bau badan akan sulit berkembang biak.. Cara ini dapat membantu menghilangkan bau badan yang mengganggu.

  • Kenakan pakaian yang bersih dan dapat menyerap keringat

Pastikan kamu mengenakan pakaian yang bersih dan sesuai dengan aktivitas yang sedang dilakukan. Untuk mengurangi keringat berlebih, kenakan pakaian yang dapat menyerap keringat, yaitu yang berbahan katun. Pakaian berbahan ini tidak membuat tubuh merasa gerah.

  • Perhatikan asupan makanan

Salah satu penyebab bau badan adalah makanan. Makanan juga bisa menyebabkan kamu berkeringat berlebih, misalnya makanan pedas, kafein, dan alcohol. Selain keringat berlebih, ada pula beberapa jenis makanan penyebab aroma tubuh jadi tak sedap. Makanan seperti bawang bombay dan bawang putih merupakan beberapa di antaranya. Tak hanya bawang, beberapa jenis sayuran seperti brokoli juga dapat menimbulkan aroma tidak sedap.Ini terjadi karena komponen sulfur pada sayuran tersebut diproses oleh tubuh dan dikeluarkan melalui napas, urine, dan keringat. Jika kamu sering berkeringat, cobalah menghindari makanan tersebut untuk mengurangi kemungkinan munculnya bau badan.

  • Kenakan deodoran atau antiperspiran

Cara yang tak kalah penting untuk menghilangkan bau badan adalah selalu menggunakan deodoran atau antiperspiran. Meskipun sering dikira sama, sebenarnya kedua jenis produk ini berbeda. Deodoran bekerja dengan cara menyerang bakteri yang bisa menghasilkan bau badan. Tak jarang deodoran mengandung alkohol atau komponen antibakteri seperti triclosan. Zat ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang membuat bakteri tidak bisa hidup atau berkembang biak. Menurut Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, deodoran diklasifikasikan ke dalam kosmetik, berbeda dengan antiperspiran yang diklasifikasikan sebagai obat-obatan. Fungsi utama antiperspiran adalah mencegah timbulnya ketiak basah dengan cara membentuk gel dan menyumbat kelenjar keringat.

Saat kamu melakukan aktivitas yang menyebabkan peningkatan suhu tubuh, seperti olahraga ataupun aktivitas gerak lainnya, tubuh akan cenderung mengeluarkan keringat. Berkeringat adalah salah satu dari dua cara untuk mendinginkan tubuh akibat adanya proses penguapan. Segala hal yang disebabkan karena faktor stres ataupun terkena paparan suhu panas akan meningkatkan suhu tubuh. Hal inilah yang menyebabkan tubuh bereaksi mengeluarkan keringat.Olahraga juga termauk aktivitas yang dapat meningkatkan suhu tubuh sehingga tubuh dapat mengeluarkan keringat namun keringat setelah olahraga dapat diatasi melalui tips diatas, Jadi jangan takut bau badan berlebih ya saat melakukan olahraga. Olahraga bisa dilakukan dari mana saja misalnya bersepeda atau lari dilingkungan rumah, olahraga di rumah dengan mengikuti video, video yang disediakan dalam program Hawa Gym Home Workout bisa menjadi pilihan karena telah disusun agar olahraga yang latihannya tidak lebih dari 30 menit dapat berdampak sangat efektif bagi kebugaran, selain mendapat video latihan kamu juga akan mendapat pola makan, free konsultasi dengan trainer dan dokter jika mengalami kesulitan dan masih banyak manfaat lainnya. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang program ini bisa kunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/