Rutin berolahraga telah terbukti membantu pembakaran lemak lebih cepat, sehingga penurunan berat badan pun akan menjadi lebih cepat pula. Sebagian orang juga percaya bahwa semakin banyak bergerak dapat membakar dan mengeluarkan kalori dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Namun, muncul lagi sebuah anggapan baru jika berolahraga sebelum sarapan mampu membakar lemak lebih cepat dari biasanya. Alasannya, tubuh otomatis akan membakar sisa-sisa makanan dan cadangan lemak terlebih dahulu karena tidak ada asupan yang masuk. Supaya lebih jelas, simak penjelasan di bawah ini terlebih dahulu.

Benarkah Olahraga Sebelum Sarapan Bikin Cepat Langsing?

Dilansir dari Healthline, berolahraga sebelum sarapan dapat membakar lebih banyak lemak, bahkan membantu mengontrol gula darah dengan lebih baik. Sebuah studi yang diterbitkan pada The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism oleh para ilmuwan kesehatan di dua universitas Inggris, mengungkapkan penelitian yang mereka lakukan selama 6 minggu.

Selama studi 6 minggu, para peneliti dari universitas Bath dan Birmingham mempelajari belasan pria yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga sebelum sarapan membakar lemak dua kali lebih banyak daripada mereka yang berolahraga setelah makan pagi.

Para peneliti juga menemukan bahwa mereka yang berolahraga setelah puasa semalaman memiliki kadar insulin yang lebih rendah selama berolahraga. Berolahraga di pagi hari juga disebut dapat menekan nafsu makan di sisa hari. Karena saat berolahraga, terutama saat perut belum diisi sarapan, tubuh akan menyesuaikan produksi hormon insulin. Sehingga kadar gula menjadi seimbang dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Bagi seseorang yang ingin memaksimalkan manfaat kesehatan dari olahraga, berpuasa semalaman kemungkinan memberikan manfaat yang lebih besar daripada berolahraga setelah sarapan, ungkap Javier Gonzalez, dosen senior dalam fisiologi manusia di University of Bath.

Manfaat Berolahraga di Pagi Hari

Nah, selain membakar lemak lebih dan mengontrol gula darah, masih banyak manfaat kesehatan lain yang bisa kamu dapatkan dari olahraga di pagi hari lo! Ini contohnya:

1. Mendapatkan vitamin D alami

Berolahraga di pagi hari bisa membantu tubuh mendapat vitamin D “gratis”, yaitu dari sinar matahari. Seperti diketahui, sinar matahari adalah sumber alami dan terbaik dari vitamin D. Pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk mendapatkan manfaatnya. Cahaya matahari pagi juga dapat mendorong semangat berolahraga, serta meningkatkan suasana hati.

Sebuah studi telah mengonfirmasi bahwa orang yang berolahraga di bawah sinar matahari, setidaknya selama dua jam, memiliki tubuh yang lebih ideal. Hal ini ternyata berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam mengelola berat badan. Sering terkena sinar matahari pagi disebut dapat membuat seseorang lebih mampu dalam mengontrol berat badan.

2. Mencegah gangguan tidur

Berolahraga di pagi hari juga dapat membantu tubuh tidur lebih nyenyak, sehingga terhindar dari gangguan tidur di malam hari alias insomnia. Orang-orang yang secara konsisten berolahraga di pagi hari disebut memiliki jam tidur yang lebih teratur dan berkualitas.

3. Lebih produktif

Memilih waktu olahraga di pagi hari ternyata juga berdampak pada produktivitas. Orang-orang yang sudah berolahraga di pagi hari cenderung memiliki tingkat produktivitas yang lebih baik dibandingkan yang lain. Alasannya olahraga bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar dan memiliki banyak energi.

Meskipun demikian, bukan berarti kamu tidak boleh atau tidak dianjurkan untuk berolahraga di waktu lainnya. Sebab kembali lagi, berolahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Jika tak memiliki waktu untuk berolahraga di pagi hari, kamu bisa memilih waktu lain seperti di malam hari sepulang kerja. Yuk join membership Hawa Gym untuk olahraga rutin karena Hawa Gym sudah bukai mulai dari jam 07.00 pagi – 20.00 WITA, jadi gak ada alas an untuk kamu menunda waktu olahraga untuk mendapatkan tubuh bugar.