Memiliki segudang aktivitas setiap harinya tidak jarang membuat kamu kelelahan. Kondisi ini membuat kamu ingin segera beristirahat dengan kualitas yang baik agar besok pagi bisa melanjutkan aktivitas dengan segar. Namun, tidak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan tidur berkualitas setelah bekerja seharian.

Olahraga untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Olahraga dikenal sebagai kegiatan yang menyehatkan untuk tubuh baik fisik maupun mental. Selain itu, olahraga juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

Manfaat ini memang tidak terasa secara langsung, tetapi dengan berolahraga kamu dapat menjaga kondisi kesehatan tubuh sehingga terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang memicu insomnia atau gangguan tidur lainnya.

Apabila kamu ingin melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, sebaiknya lakukan beberapa jam sebelum waktu tidur. Untuk itu, sebaiknya lakukan olahraga yang ringan dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Berikut olahraga yang bisa membuat tidur berkualitas setelah bekerja seharian:

Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga yang fokus untuk memperbaiki postur tubuh, latihan pernapasan, hingga meditasi. Namun, yoga juga menjadi olahraga yang membuat tidur berkualitas setelah bekerja. Hal ini disebabkan yoga menjadi olahraga yang bisa membantu menurunkan tingkat stres sehingga tubuh menjadi lebih rileks. Ada berbagai pose yang bisa kamu lakukan dalam yoga untuk meningkatkan kualitas tidur, seperti triangle forward pose, standing forward bend, fish pose, dan extended puppy pose.

Aerobik

Melakukan aerobik secara rutin setiap harinya bisa membuat kamu tidur berkualitas setelah bekerja. Tidak hanya itu, olahraga ini juga dinilai mampu mengurangi ngantuk berlebihan pada pengidap insomnia.  Bahkan, aktivitas aerobik dengan intensitas sedang mampu menurunkan gangguan pernapasan saat tidur pada pengidap apnea tidur obstruktif. Lakukan aerobik pada sore hari atau sepulang beraktivitas.

Berjalan Kaki

Sebuah penelitian dalam Journal Sleep Health menyatakan menghasilkan kelompok orang yang diminta untuk berjalan kaki setiap hari dapat mengubah kebiasaan tidur mereka. Bukan hanya memperpanjang durasi tidur mereka, tetapi kebiasaan ini bisa meningkatkan kualitas tidur.

Tidak ada salahnya mencoba untuk berjalan kaki sepulang beraktivitas. Luangkan waktu sekitar 30 menit setiap harinya untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari berjalan kaki.

Peregangan

Stres dan lelah yang dirasakan setelah beraktivitas seharian dapat memicu gangguan tidur. Untuk itu tidak ada salahnya melakukan peregangan atau stretching setelah selesai beraktivitas. Ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan untuk tidur berkualitas setelah bekerja, seperti knee to chest, spinal twist, side stretch, lunge, hingga butterfly pose.

Kamu tidak perlu terlalu lama berolahraga setelah bekerja seharian. Lakukan olahraga rutin selama 30 menit setiap harinya untuk merasakan manfaatnya. Kamu bisa lakukan olahraga beberapa jam sebelum waktu tidur atau pada sore hari.

Jangan lupa untuk melakukan menggunakan pakaian dan peralatan yang menunjang. Hal ini untuk menghindari berbagai risiko cedera yang bisa dialami.