Makan Tidak Terkendali ? Ini Penyebabnya

Apa kabar di pagi hari yang cerah ini? Semoga kamu dalam keadaan sehat ya. Pernahkah kamu merasa nafsu makanmu begitu besar, sehingga kamu tak pernah merasa kenyang dan tak henti-hentinya untuk makan apapun yang kamu inginkan? Temukan dulu penyebab kenapa kamu makan berlebihan agar program diet kembali lancar. Alhasil, kamu juga akan ngemil ini-itu dan angka di timbangan melonjak sekejap karena ‘kebiasaan lapar’ tersebut. Sudah makan tapi masih merasa lapar. Jangan-jangan penyebabnya adalah salah satu hal seperti apa yang disebutkan di bawah ini :

Konsumsi Gula Yang Berlebihan

shutterstock_553761928

Apakah kamu suka sekali makanan atau minuman yang manis-manis? Tahukah kamu jika kadar gula yang tinggi bisa bikin kamu cepat lapar dan memicumu untuk banyak makan? Ya, makanan manis ini mengandung gula yang sangat tinggi.

Kadar gula yang tinggi menyebabkan insulin dalam tubuh cepat sekali naik. Namun, kadar gula ini juga bisa cepat sekali turun, dan pada saat itulah tubuh akan merasa lapar kembali. Dan keadaan seperti inipun akan terjadi berulang kali pada tubuhmu, karena rasa manis ini dapat menimbulkan adiksi.

Alat Makan

porsi_cntt

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa piring kecil mampu mengontrol nafsu makan. Jadi coba periksa kembali bentuk alat makan Anda. Jika semuanya terlihat besar, ganti dengan yang berukuran kecil agar nafsu makan terkontrol.

Kurang Asupan Protein

ThinkstockPhotos-505592886

Porsi makanmu terbilang sangat banyak, tapi ternyata kamu juga tak kunjung merasa kenyang. Kemungkinan besar penyebabnya adalah makanan yang kamu konsumsi kurang mengandung protein.

Perlu untuk kamu ketahui bahwa kebutuhan tubuh akan protein itu sangatlah tinggi. Tubuh tidak akan merasa puas dan kenyang selama kebutuhan proteinnya tidak tercukupi dengan baik, akibatnya kamu jadi cenderung makan banyak.

Nah, cara terbaik supaya kamu nggak cepat merasa lapar dan nggak mengkonsumsi makanan dengan porsi yang besar, pilihlah makanan yang mengandung protein tinggi. Dijamin kamu akan merasa cepat kenyang dan nggak akan makan secara berlebihan.

Pelan-Pelan

Marie-France-Health-Manfaat-menjaga-pola-makan-sehat-yang-rutin

Selain bentuk alat makan, kecepatan menghabiskan makanan terkadang juga membuat kamu makan berlebihan. Jadi cobalah untuk makan pelan-pelan. Otak butuh waktu untuk memberi sinyal pada tubuh bahwa kamu sebenarnya sudah kenyang.

Makan Sambil Melakukan Aktivitas

043919300_1450667989-4

Meski terkesan sepele, ternyata makan sambil melakukan aktivitas seperti nonton televisi, baca buku, browsing internet melalui laptop ataupun ponsel dapat menyebabkan overeating!

Berdasarkan penelitian, orang-orang cenderung makan 50 persen lebih banyak ketika mereka terdistraksi oleh sesuatu. Yup, saat kamu makan tapi konsentrasimu teralihkan pada hal lain, akan membuat otakmu terganggu dan tidak merasa bahwa kamu telah makan.

Kalau otakmu saja nggak merasakan adanya makanan yang masuk, bagaimana otak dapat merespon rasa kenyang dari perut? Oleh sebab itu, ketika kamu makan alangkah lebih baik jika kamu fokus saja pada makananmu, dan jauhkan dirimu dari televisi, games, buku, ataupun gadget supaya kamu benar-benar menikmati makanan dan bisa merasa kenyang dengan sempurna.

Nah, itulah tadi beberapa faktor penyebab seseorang makan terlalu berlebihan. Ternyata, beberapa penyebabnya adalah hal yang cukup sepele. Jadi, jangan pernah sepelekan kebiasaan-kebiasaan kecil ya, karena dampaknya dapat membuat berat badan idealmu jadi hancur berantakan. dan kamu jangan meninggalkan hal yang sepele satu ini seperti malas-malasan untuk gym. Buruan pergi ke Hawa Gym terdekat rumah kamu ya.