Trik Mengonsumsi Makanan Dalam Porsi Lebih Kecil Tanpa Tersiksa

Diet untuk menurunkan berat badan memang pada awalnya akan terasa menyiksa. Anda harus menahan keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan yang Anda sukai dalam jumlah besar. Sebenarnya ada beberapa strategi yang dapat Anda lakukan untuk melatih diri agar tidak tersiksa saat menurunkan berat badan.

Tapi pada dasarnya menurunkan berat badan bukanlah sesuatu yang rumit untuk dijalankan jika kita tahu apa yang harus kita lakukan tanpa mengorbankan apa yang kita makan sehari – hari.

Pada artikel kali ini kita akan melihat bagaimana tips menurunkan berat badan yang baik dan benar, ikuti petunjuk ini dan jadikan rutinitas Anda dengan kebiasaan dan pola yang baru.

Bagi Porsi Anda Menjadi Dua Bagian

Jika Anda membeli seporsi makanan kesukaan Anda, bagilah menjadi dua bagian. Makan setengahnya pada waktu berikutnya. Penelitian terbaru membuktikan bahwa jumlah porsi tidak mempengaruhi secara langsung kepuasan Anda. Dan Anda pun tidak perlu merasa bersalah karena setengahnya dapat Anda habiskan di waktu makan berikutnya.

Seimbangkan Piring Anda

Seimbangkan komposisi makanan Anda dengan mengonsumsi sumber karbohidrat, sumber protein, dan juga sumber lemak. Dengan mengonsumsi makanan seimbang Anda akan merasa kenyang lebih lama. Untuk mendapatkan semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh, seimbangkan jenis makanan yang Anda konsumsi.

 Tidur

Kurang tidur membuat Anda lebih mudah lapar. Orang yang kurang tidur akan lebih cenderung untuk mengonsumsi camilan dengan jumlah kalori dan gula yang tinggi. Kurang tidur juga menaikkan kadar hormon ghrelin yang dikenal dengan hormon rasa lapar dan juga menurunkan hormon leptin yang dikenal sebagai hormon kenyang.

Ubah Ukuran Alat Makan

Makan di piring yang lebih kecil terbukti efektif dalam menurunkan berat badan. Dengan menggunakan piring yang lebih kecil, secara otomatis Anda akan mengurangi jumlah porsi Anda. Yang lebih penting cara ini membuat otak Anda berpikir Anda telah makan dalam jumlah yang besar karena penuhnya piring Anda.

Minum Air Putih

Minum air dapat mengurangi perasaan lapar, Anda dapat mencoba meminum segelas air putih sebelum tergoda keinginan untuk mengemil. Rasa lapar dapat berkurang dengan konsumsi air putih, hasilnya porsi makan pun berkurang. Selain itu, air putih dapat melarutkan lemak yang ada dalam tubuh sehingga mengkonsumsinya sangat baik untuk kesehatan.