Faktanya, olahraga secara teratur dapat membantu pembentukan otot yang kuat, mencegah penyakit kronis, bahkan membuat kamu terlihat seksi saat memakai pakaian slim fit.  Olahraga jadi salah satu kunci menjaga kesehatan. Tak hanya itu, olahraga ternyata bisa bikin kita panjang umur dan mencegah penuaan. Manfaat olahraga untuk kulit, yaitu peningkatan aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi akan membuat sel-sel kulit menjadi lebih sehat. Sedemikian sehingga olahraga dapat menjaga kesehatan kulit, dan juga tubuh pada umumnya.

Selain itu, pembuangan sisa-sisa dari proses metabolisme tubuh dan toksin dari sel-sel kulit menjadi lebih baik. Yang mana, olahraga yang juga bisa mengurangi dan menghilangkan stress sehingga beberapa gangguan kulit yang biasanya muncul karena stress tersebut dapat hilang, seperti jerwat dan eksim (ruam). Oleh karena itu, apabila Anda menginginkan kulit yang sehat, maka Anda bisa memperolehnya dengan cara berolahraga. Tentu secara rutin dan teratur.

Lalu, Apa sih manfaat olahraga bagi kesehatan kulit?

Mencegah Kulit Bersisik dan Eksim

Menurut para pakar, berolahraga secara teratur bisa mengurangi risiko kulit bersisik dan eksim yang bisa merusak penampilan. Kulit bersisik sendiri disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi. Sementara itu, eksim merupakan suatu penyakit kulit karena mengalami stres. Kata ahli, rutin berolahraga bisa menurunkan risiko terkena eksim ataupun kulit bersisik.

Mengencangkan Kulit

Olahraga yang dilakukan untuk melatih otot-otot tubuh beserta menurunkan berat badan pasti akan mengurangi kondisi kulit yang terlihat kendor. Oleh karena itu, otot-otot yang terlatih karena berolahraga akan mengurangi efek kulit yang mengendor dan membakar lemak dan kalori sehingga kulit pun tampak kencang. Salah satu contoh olahraga yang efektif untuk mengencangkan kulit ialah anggan beban, seperti barbelan (mengangkat barbel). Bahkan beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli menyebutkan bahwa olahraga seperti yoga mampu membuat kulit menjadi kencang secara efektif.

Mencegah Timbulnya Jerawat   

Permasalahan kulit yang satu ini kerap membuat banyak orang risih. Meski bisa terjadi pada siapapun, tapi risiko untuk munculnya jerawat bisa berkurang bila dirimu rajin berolahraga. Pasalnya, olahraga bisa membuat peredaran darah lancar sehingga bisa membantu membuka pori-pori. Alhasil, kotoran yang menyumbat kulit pun mudah dibersihkan dan menjauhkan dirimu dari jerawat.

Membuat Awet Muda

Dengan adanya beberapa manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, efek olahraga secara implikatif akan menyebabkan Anda terlihat awet mudah. Hal ini terlihat dari kondisi kulit yang bersih, kencang, merona, dan sehat. Sel kulit baru yang dihasilkan karena olahraga akan menjaga kulit agar tetap lembab dan tidak kering.

Mengurangi Selulit

Selulit dapat terjadi akibat jalinan fibroblast yang tertarik dan membentuk kantong lemak. Pada umumnya, selulit ada di bagian pantat (bokong), paha belakang atau lengan, di mana dapat membuat kulit menyerupai kulit jeruk. Sedemikian sehingga kemunculan selulit akan mampu mengganggu penampilan dan membuat Anda kurang percaya diri. Oleh karena itu, untuk mengurangi bahkan mencegah selulit agar tidak terjadi, lakukanlah olahraga secara rutin dan teratur. Hal ini dikarenakan ketika sedang berolahraga, tubuh mengalami proses pembentukan dan peregangan otot sehingga selulit dapat dihilangkan bahkan dicegah sebelum terjadi.