Osteoporosis atau pengeroposan tulang dikenal sebagai penyakit yang banyak menyerang lansia, terutama wanita. Hal ini karena penuaan menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan osteoporosis.  Kebanyakan orang beranggapan bahwa osteoporosis hanya menyerang orang tua saja. Padahal tidak demikian. Pasalnya, osteoporosis bisa menyerang siapa saja di segala umur dan jenis kelamin, tidak terkecuali pada usia muda. Lantas, apa penyebab osteoporosis di usia muda? Ketahui jawabannya dalam artikel ini.

Faktor Penyebab Osteoporosis Pada Usia Muda

Osteoporosis terjadi saat tulang kehilangan kepadatannya sehingga tulang mudah keropos dan rapuh. Masalah ini tentu dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, terlebih jika Anda masih muda yang merupakan usia produktif untuk bekerja.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan Anda mengalami osteoporosis di usia muda, yaitu:

1. Amenorea

Kondisi ini terjadi pada wanita, di mana wanita tidak mengalami menstruasi dalam waktu yang lama. Amenorea menyebabkan kadar hormon estrogen wanita menurun sehingga menyebabkan osteoporosis. Biasanya wanita yang mengalami amenorea adalah yang mempunyai tubuh kurus dan melakukan olahraga berlebihan, seperti atlet wanita pada cabang olahraga senam dan balet. Selain itu, wanita yang sangat membatasi asupan makannya juga berisiko mengalami amenorea.

2. Asupan kalsium rendah

Seperti yang telah Anda ketahui, kalsium merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang. Mineral ini menyusun dan memperkuat tulang Anda. Sehingga, asupan kalsium yang rendah dapat membuat tulang mudah keropos dan rapuh.

2. Asupan kalsium rendah

Seperti yang telah Anda ketahui, kalsium merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang. Mineral ini menyusun dan memperkuat tulang Anda. Sehingga, asupan kalsium yang rendah dapat membuat tulang mudah keropos dan rapuh.

3. Penyebab lain

Beberapa penyebab lain yang dapat meningkatkan risiko Anda mengalami osteoporosis adalah:

  • Riwayat keluarga osteoporosis
  • Suka merokok dan minum minuman beralkohol
  • Masalah malabsorpsi nutrisi, seperti penyakit celiac dan penyakit Crohn
  • Tubuh tidak aktif dalam waktu lama, misalnya bed-rest (istirahat) dalam waktu lama

Lantas, bagaimana cara mencegah osteoporosis sejak masih muda?

Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit ini sejak dini, di antaranya:

1. Olahraga teratur

Osteoporosis bisa dicegah sejak dini dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin. Terutama melakukan olahraga yang memberi beban pada tulang seperti angkat beban. Olahraga seperti berlari, bersepeda, sepak bola, dan sekedar jalan kaki juga dapat membantu menguatkan tulang sehingga tulang tidak mudah keropos.

2. Mencukupi kebutuhan kalsium

Seperti yang sudah disinggung di atas, salah satu penyebab osteroporosis di usia muda adalah karena kekurangan kalsium. Itu sebabnya, penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda. Anda bisa memperoleh kalsium dari susu, keju, yogurt, jeruk, telur, brokoli, kale, bayam, dan sayuran hijau lainnya.

4. Mengonsumsi suplemen kalsium

Jika memang diperlukan, Anda bisa mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D. Biasanya cara ini dilakukan apabila Anda tidak bisa mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Tapi, sebelum mengonsumsi suplemen Anda dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu supaya mendapatkan petunjuk mengenai konsumsi suplemen yang cocok dengan kebutuhan Anda.