Marhaban Ya Ramadhan… Selamat berpuasa untuk kaum yang sedang menjalankan ibadah puasa, di tanah air Indonesia.

Sudah memasuki hari ketiga berpuasa di bulan MEI 2018 ini, pastinya kamu tetap semangat dalam menjalankan aktifitas sehari-sehari, dan aktifitas normal seperti biasanya dong? Ada tips yang menarik sekali akan sama-sama kita bahas disini. Buat kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa, pasti ingin tetap bugar dan tetap sehat. Simak langsung yuk ulasan dan tips-tipsnya dibawah ini (baca sampai habis ya, karena sangat bermanfaat untuk menunjang aktifitasmu setiap harinya):

  • Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga Saat Puasa

Terbagi kedalam 3 waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa, dan kamu bisa mengambil salah satu waktunya, atau bisa juga kamu selingi waktunya dalam 1 pekan. Dalam 1 pekan, cukup 3 hingga 4 kali latihan, sisanya adalah istirahat (atau biasa disebut dengan masa recovery). Simak langsung yuk!

Olahraga di Pagi Hari Saat Puasa

Waktu yang tepat berolahraga di pagi hari saat puasa adalah pada pukul 08.00 – 09.00. Dimana tubuhmu masih memiliki cadangan energi yang cukup pasca sahur. Durasi waktunya adalah 30 – 60 menit dengan moderate-high endurance, yaitu bisa melakukannya dengan aktifitas Aerobik, karena intensitas aerobik ringan hingga sedang, atau dengan latihan Fitness seperti biasanya juga bisa, dengan berat beban ringan (tidak seperti berat beban yang dilakukan saat tidak berpuasa). Durasi waktu tersebut adalah bertahap, untuk di awal-awal, kamu bisa lakukan selama 30 menit (waktu yang paling dianjurkan), kemudian meningkat selama 45 menit, dan jika di hari-hari akhir puasa, kamu bersemangat dan merasa kuat, bisa kamu lakukan selama 60 menit.

Olahraga di Sore Hari Saat Puasa

Tubuh akan semakin ideal dan berat badan bisa turun dengan cepat, jika kamu mampu menjaga menu sahur dan berbuka, dengan diiringi olahraga secara rutin. Puasa juga merupakan alternatif, selain memiliki nilai ibadah, puasa juga sebagai alternatif program diet.

Di sore hari, kamu bisa meluangkan waktu sebelum berbuka, dengan berolahraga antara pukul 17.00 hingga 17.30 (batas waktu maksimal sebelum menyiapkan menu berbuka dan siap-siap untuk beribadah). Kamu bisa melakukan olahraga selama 20 – 30 menit dengan moderate-high endurance exercise, yaitu olahraga kardio atau dengan bantuan alat resistance band.

Olahraga di Malam Hari Saat Puasa

Di malam harinya, ini bisa menjadi pilihan terakhir untuk melakukan aktifitas olahraga secara rutin, yaitu pasca sholat terawih. Dimana kamu bisa mulai melakukannya pada pukul 08.30 (sekitar 20 menit pasca sholat), selama 30 – 45 menit dengan metode moderate-high resistance exercise, seperti melakukan aktifitas olahraga (fitness) di waktu tidak berpuasa. Karena kadar gula dalam tubuh sudah normal, latihan pun bisa kamu lakukan seperti biasanya.

waktu-yang-paling-tepat-saat-berpuasa-hawagym-indonesia-cover

Artikel ini khusus membahas waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa, untuk artikel yang khusus membahas mengenai olahraga apa saja yang dianjurkan ketika berpuasa, kamu bisa klik disini. Tetap melakukan olahraga secara rutin saat puasa, dan fokus ibadah tetap yang utama. Selamat berpuasa.