Saat bulan puasa datang, sudah menjadi tradisi bahwa kurma dijadikan menu utama saat berbuka puasa. Selain rasanya yang manis dan nikmat, ternyata buah yang berasal dari timur tengah ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Bahkan kurma bisa Anda jadika cemilan sehat saat sedang #diet. Apa saja manfaat buah kurma ini? Berikut hawa gym akan mengulas manfaat dari buah kurma:

1. Menunjang Kesehatan dan Kekuatan Tulang 

Kurma mengandung sejumlah mineral yang signifikan sehingga membuatnya menjadi makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit atau kondisi yang menyebabkan rapuh dan keroposnya tulang, seperti osteoporosis.

Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, yang semuanya merupakan bagian integral dari perkembangan dan kekuatan tulang yang sehat, terutama saat orang mulai menua dan tulang mereka perlahan melemah.

2. Mengatasi Konstipasi

Kurma sering dikategorikan sebagai makanan pencahar. Inilah sebabnya mengapa mereka begitu sering dimakan oleh orang-orang yang menderita sembelit atau susah buang air besar.

Untuk mendapatkan manfaat kurma sebagai, maka Anda harus merendam beberapa butir kurma dengan air matang di malam, lalu mengonsumsinya di pagi hari saat sudah mulai menjadi cair, untuk mendapatkan hasil yang paling optimal.

Kurma memiliki kadar serat larut yang tinggi, yang penting dalam menggiatkan pergerakan usus sehat sehingga makanan beserta limbahnya bisa lancar melewati saluran cerna.

3. Energy Booster

Kurma mengandung gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh karena itu, kurma bisa dijadikan sebagai camilan yang sempurna untuk segera ‘meledakkan’ energi. Maka benarlah sering dikatakan bahwa kurma baik untuk mengawali berbuka puasa dengan beberapa butir kurma.

Di lain kondisi, misalnya setelah berolahraga atau latihan kemudian merasa lelah, maka Anda bisa mengunyah beberapa butir kurma untuk segera mengembalikan tenaga.

4. Menjaga Kesehatan Jantung 

Belum banyak yang tahu bahwa salah satu manfaat kurma yang cukup membantu yaitu menjaga kesehatan jantung. Saat kurma direndam pada malam hari, lalu Anda dapati keesokan paginya sudah mulai mencair, maka saat itulah saat tepat mengonsumsinya, ramuan kurma tersebut terbukti memiliki efek positif pada jantung yang lemah.

Kurma juga merupakan sumber potassium yang tinggi, yang berdasarkan penelitian telah terbukti mengurangi risiko stroke dan penyakit terkait jantung lainnya.

5. Bebas Lemak Jenuh

Anda tidak perlu khawatir dengan efek buruk lemak jenuh, seperti kegemukan, aterosklerosis, dan sebagainya ketika mengonsumsi buah kurma. Kurma merupakan buah berserat tinggi dan tidak memiliki kandungan lemak jenuh, kolesterol dan sodium. Hal tersebut diungkapkan oleh Fendy Susanto, STP, CPT, CFT, ahli gizi dari Nutrifood Research Center. 

Meskipun ada segudang manfaat kurma serta nilai gizi yang luar biasa, kita harus memberikan perhatian besar dalam hal menyeleksi buah ini sebelum mengonsumsinya. Karena permukaannya yang sangat lengket, maka seringkali menarik banyak kotoran. Oleh karena itu, sebaiknya kita hanya mengonsumsi buah kurma yang diolah dan dikemas dengan benar.

6. Mengurangi Tekanan Darah

Magnesium telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah, dan kurma penuh dengan mineral. Selain itu, potasium adalah mineral lain pada kurma yang memiliki beberapa fungsi di dalam tubuh, untuk membantu kerja jantung yang tepat dan membantu mengurangi tekanan darah.

Berikut manfaat kurma bagi kesehatan tubuh Anda, jika Anda belum memiliki stok buah kurma segeralah untuk membeli buah kurma ini. Karena ini sangat membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit.Konsumsilah kurma dengan jumlah ganjil misalkan 3 atau 5 buah kurma.