Puasa atau saum adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu. Perubahan pola makan merupakan hal umum yang mempengaruhi kondisi tubuh saat berpuasa. Proses adaptasi fisik saat tubuh yang diharuskan menahan lapar di siang hari bisa memicu kondisi badan kurang fit. Berikut beberapa gangguan kesehatan yang kerap dialami saat puasa:

  • Dehidrasi

Ciri khas tubuh yang mengalami dehidrasi adalah bibir pecah – pecah, kulit kering dan urine berwarna serta berbau. Jika ini terjadi pada diri Anda, sebaiknya Anda menambah asupan air yang dikonsumsi. Remaja dan dewasa sangat dianjurkan untuk minum minimal delapan gelas atau dua liter air putih setiap hari untuk menghindari dehidrasi dalam tubuh Anda.

  • Peningkatan Asam Lambung

Asam lembung sering menjadi keluhan utama saat berpuasa. Asam lambung cenderung meningkat saat perung kosong. Guna menanggulangi rasa melilit di lambung, hindari konsumsi makanan kopi, soda, dan gorengan saat Anda berbuka puasa.

  • Kelelahan

Jika kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi, tubuh akan merasa cepat lelah. Jadi, makanlah makanan yang bergizi. Jangan lupakan untuk rutin mengkonsumsi sayur dan buah pada saat sahur dan berbuka puasa.

  • Batuk

Pada saat bulan puasa hadir seringkali makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang manis saat berbuka puasa, hal ini tentu akan memicu adanya radang tenggorokkan. Hindari makanan manis dan perbanyaklah untuk mengkonsumsi air hangat, buah dan sayur agar Anda terhindar dari radang tenggorokkan.

  • Sembelit

Saat menjalani ibadah puasa, hati-hati juga dengan gangguan pencernaan yang satu ini. Kurang mengonsumsi makanan berserat dan kurang minum bisa membuatmu sembelit atau susah buang air besar. Karena itu, perhatikanlah makanan yang kamu konsumsi saat sahur dan berbuka. Usahakan selalu mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak serat. Usahakan juga minum 8 gelas air per hari mulai dari buka puasa sampai sahur.

  • Bau Mulut

Saat berpuasa, banyak orang yang tidak bisa terhindar dari bau mulut atau halitosis. Hal ini tidak hanya bikin pengidapnya jadi tidak percaya diri tapi juga mengganggu orang lain. Kebiasaan tidak sehat seperti jarang menggosok gigi, mengonsumsi makanan beraroma tajam juga bisa memperparah bau mulut.