Hai Sahabat Hawa! Ada yang suka begadang ga nihh? Kalau begadang kerjaan okelah, yang begadang karna nonton drakor gimana nih? Hihi. Anyway, begadang dengan alasan apapun tetap kurang baik buat kesehatan yah. Tapi tau gak sih? Selain kualitas dan kuantitas, ada lagi nih yang perlu diperhatikan dari aktivitas yang kita sukai ini. Yup, posisi tidur! Posisi tidur ini penting loh Sahabat! Kalau salah posisi, bisa-bisa yang harusnya bangun dengan penuh semangat malah jadi penuh nyeri! Nah, posisi tidur seperti apa ya yang dianjurkan? Yuk kita cek!

  • Tidur telentang

Siapa yang tidak tau posisi ini? Betul, hampir setiap orang merekomendasikan bahwa posisi telentang adalah posisi terbaik untuk tidur. Posisi ini memang sangat sederhana, hanya telentang lurus di kasur. Posisi ini dapat melindungi tulang belakang dan bisa membantu meredakan nyeri pinggul serta lutut. Posisi tidur telentang memberikan kesempatan bagi kepala, leher, dan tulang belakang untuk berada pada posisi netral sehingga mengecilkan resiko nyeri. Namun demikian, jika kamu termasuk orang yang mudah mendengkur, posisi ini kurang tepat untukmu. Hal ini karena pada posisi ini, jalan nafas kurang optimal sehingga bisa memicu dengkuran. Selain itu, posisi telentang juga mempermudah naiknya asam lambung ke kerongkongan.

  • Tidur menghadap samping

Posisi lainnya yang juga ternyata baik untuk kesehatan adalah tidur menghadap samping. Posisi tidur ini sangat dianjurkan terutama miring ke kiri karena jalan nafas kita terbuka dengan lebih baik. Maka dari itu, posisi ini cocok untuk orang yang mudah mendengkur atau mengalami gangguan pernafasan. Selain itu, posisi ini juga baik untuk menjaga pencernaan dan mengurangi rasa mulas di perut. Tidur dengan posisi ini pun dipercaya dapat memperlancar pembuangan racun di otak. Ibu hamil pun sangat disarankan untuk tidur dengan posisi ini. Namun, tidur menyamping kurang direkomendasikan untuk orang yang sakit leher dan punggung. Dampak negatif lainnya juga dapat menimbulkan rasa pegal dan kebas di bagian tubuh yang tertekan saat tidur.

  • Tidur meringkuk

Posisi ini merupakan posisi yang banyak dipilih oleh para orang dewasa. Sama seperti posisi tidur sebelumnya, posisi meringkuk ini juga sangat baik untuk orang yang mudah mendengkur. Posisi tidur meringkuk ke arah kiri juga bagus untuk para ibu hamil. Hal ini karena posisi tersebut dapat memperlancar aliran darah ke bayi. Namun demikian, posisi meringkuk tidak disarankan bagi mereka yang memiliki radang sendi atau artritis, terutama di daerah punggung. Hal ini karena posisi meringkuk memberikan tekanan yang berlebih pada bagian punggung dan bisa memperberat nyeri artritis.

  • Tidur tengkurap

Posisi tidur ini memang sedikit disukai oleh orang-orang, karena bisa menimbulkan rasa nyeri dan pegal di bagian leher dan punggung. Hal ini karena posisi leher yang terus-menerus berada pada posisi yang sama dalam waktu yang lama pula. Namun ternyata, posisi yang membuat bagian perut berada di bawah ini baik untuk orang-orang yang mudah mendengkur atau apnea tidur. Rasa tidak nyaman pada leher dan punggung ini bisa diatasi dengan cara meletakkan bantal di perut bagian bawah.

  • Tidur posisi bintang laut

Posisi ini sebenarnya hampir sama dengan posisi tidur telentang. Hanya saja dalam posisi ini, kedua tangan dan kaki dibiarkan terbuka lebar seperti bentuk bintang. Jika bagian kepala diganjal dengan bantal yang cukup, posisi bintang laut ini dapat mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Maka dari itu, posisi bintang laut ini baik untuk penderita GERD atau dyspepsia. Posisi ini juga bisa mengecilkan kemungkinan terbentuknya kerutan-kerutan di wajah. Namun dampak negatifnya, posisi ini bisa menyebabkan seseorang mendengkur.

  • Tidur dengan lengan ke atas

Posisi tidur ini sama dengan telentang tetapi kedua lengan dinaikkan. Karena memiliki kemiripan dengan posisi tidur telentang, resiko yang dimiliki pun sama. Posisi ini cenderung dapat menaikkan asam lambung ke kerongkongan dan bisa membuat seseorang mendengkur. Tambahan lagi, kedua lengan juga bisa mengalami kesemutan dan nyeri. Namun demikian, posisi ini bagus karena meminimalisir kemungkinan kerutan di wajah.

  • Tidur dengan bantal di bawah perut atau lutut

Untuk posisi tidur dengan bantal di bawah perut sangat bagus untuk orang yang mengalami susah tidur. Meletakkan bantal tipis di bawah perut juga dapat membantu penyelarasan tulang belakang. Posisi ini juga bagus untuk penderita hernia atau penyakit degeneratif. Selain menaruh bantal di bawah perut, bantal juga bisa diletakkan diantara lutut. Posisi ini sangat disarankan untuk orang yang sering mengalami nyeri punggung dan suka tidur telentang tanpa bantal.