Metabolisme adalah proses pemecahan zat-zat nutrisi di dalam tubuh untuk menghasilkan energy atau pembentukan struktur sel atau jaringan. Zat nutrisi tersebut berupa karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.

Semakin cepat metabolisme tubuh, maka semakin banyak kalori yang dibakar sehingga tidak terjadi penimbunan kalori dalam bentuk lemak. Sebaliknya, apabila metabolisme tubuh lambat maka akan semakin lama proses pembakaran lemaknya. Itulah sebabnya, meningkatkan metabolisme dapat membantu penurunan berat badan.

Metabolisme memiliki peranan penting dalam mengubah makanan menjadi energi. Energi dibutuhkan oleh tubuh agar sel dan jaringan tubuh tetap sehat, tumbuh dan berkembang serta fungsinya berjalan baik.

Tapi tahukah kamu terdapat beberapa kebiasaan dan aktivitas yang dilakukan tanpa disadari dapat merusak sistem metabolisme tubuh dan kesehatan. Berikut beberapa kebiasaannya :

1. Begadang

Tubuh dan otak perlu waktu untuk beristirahat. Disarankan untuk memiliki waktu tidur malam sekitar 6-8 jam setiap hari. Kebiasaan begadang ini akan memperlambat proses metabolisme tubuh. Begadang dapat menagkibatkan tubuh menggunakan lebih sedikit energi  saat beristirahat.

Selain itu, dengan begadang dapat melepas hormone stress dan kortisol, sehingga dapat memperburuk lingkar pinggang dan senstivitas insulin serta glukosa darah hal ini dapat menekan fungsi kekebalan tubuh, maka dari itu begadang bisa menyebabkan kalian rentan terkena penyakit.

2. Kurang Minum Air Putih

Dianjurkan untuk meminum air putih 2 liter perhari, karena bila kurang akan menurunkan kemampuan tubuh dalam mendetoksifikasi racun-racun yang terdapat di dalam tubuh. Selain itu, dapat menyebabkan metabolisme tubuh melambat dan pembakaran kalori dalam tubuh menjadi tidak maksimal.

3. Makan-makanan cepat saji

Makanan cepat saji dapat menganggu sistem metabolisme dan meningkatkan radikal bebas yang akan mempercepat proses penuaan.

Selain itu, makanan cepat saji dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat, sehingga insulin tidak bekerja dengan sempurna, insulin sangat dibutuhkan tubuh untuk mengolah glukosa menjadi energi.

4. Sedikit Bergerak

Bila kalian dalam sehari hanya leyeh-leyeh di kasur dan tidak memiliki aktivitas yang berarti dan bergerak lebih minim dapat menyebabkan penurunan signifikan terhadap jumlah kalori yang seharusnya dibakar dalam seharinya. Hanya dengan melakukan aktivitas fisik seperti bersih-bersih dan naik tangga juga dapat membantu membakar kalori kalian.