Mengkonsumsi air putih sangat baik untuk kesehatan, karena air berfungsi untuk mentransportasi mineral, vitamin, protein dan zat gizi lainnya ke seluruh tubuh.  Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih setelah bangun tidur, karena pagi hari tubuh kita terbangun dari istirahat dan proses pemulihan semalaman dan menyebabkan kita kehilangan banyak cairan.

Selain itu dapat memulihkan kesehatan di beberapa organ tubuh seperti mata hingga organ reproduksi.

Mencukupi kebutuhan tubuh terhadap air putih per harinya akan membantu kita tehindar dari dehidrasi lainnya seperti hipertensi, reumatik, rasir dan batu ginjal. Untuk orang dewasa direkomendasikan mengkonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter air atau 8-10 gelas setiap harinya.

Terdapat manfaat lain apabila kamu mengkonsumsi air putih setelah bangun tidur dikutip dari website Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yaitu :

1. Kulit Jadi Berkilau

Dengan kamu mengkonsumsi air putih dan memenuhi asupan air putih yang dianjurkan dapat menghempaskan racun-racun di dalam tubuh, dan dapat membuat kulit menjadi tidak kusam lagi.

Konsumsi air putih setiap pagi setelah bangun tidur dapat membantu membersihkan racun di dalam darah, sehingga wajah menjadi berseri dan berkilau.

2. Peremajaan Otot dan Sel-sel Darah Anda

Minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur dapat memperbaharui otot dan sel darah yang ada di dalam tubuh.

3. Penyeimbang Sistem Getah Bening

Bila siste getah bening bekerja secara optimal, maka tubuh kamu akan memiliki kekuatan untuk melawan infeksi yang dapat menganggu kualitas keehatan tubuhmu.

4. Menyeimbangkan sistem Limpa

Dengan menghidrasi tubuh, kamu bisa memaksimalkan fungsi tubuh kamu dalam seharian, selain itu juga dapat menyeimbangkan cairan tubuh dan mencegah infeksi.

5. Melangsingkan Tubuh

Bagi kamu yang ingin memiliki tubuh yang proposional, wajib banget ikuti tips ini, karena mengkonsumsi air putih setelah bangun tidur akan membantu melepaskan racun yang tidak langsung dapat memperbaiki sistem pencernaan, selain itu dapat membantu kamu mencegah konsumsi makanan berlebihan.

6. Organ Ginjal Akan Lebih Sehat

Dengan memenuhi kebutuhan air putih di pagi hari dapat membantu meringankan kerja organ ginjal sekaligus menjaga kesehatan organ ginjal tersebut.

Sumber

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia & Tribun News