Duh sebel banget ga sih kalau rambut ketombean, bener-bener buat kita gak percaya diri karena kulit kepala terasa gatal sekali.

Apalagi kalau kita menggunakan baju berwarna gelap, terkadang saat kita menggaruk kepala ketombe-ketombenya ikut rontok dan alhasil jatuh ke baju kita, sebel deh!

Tapi girls! Kalian tau gak sih ketombe-ketombe tersebut berasal dari mana?

Ketombe biasanya terdapat pada kulit kepala yang berminyak. Sel-sel kulit mati pada kulit kepala menjadi penyebab utama ketombe tersebut muncul. Semakin cepat kulit kepala melepaskan kulit mati, maka risiko kamu terkena ketombe semakin besar.

Jadi jangan beranggapan kalau ketombe dating dari kulit kepala yang kering, ya!

Sel-sel kulit mati yang rontok dan menjadi penyebab utama ketombe juga dapat dipicu oleh faktor lain :

a. Jarang keramas atau malah terlalu sering keramas

b. Menderita infeksi jamur pada kulit kepala

c. Mengalami alergi, misalnya karena penggunaan produk perawatan rambut, seperti hairspray atau gel

d. Sering mengkonsumsi makanan tinggi gula, pedes, atau yang mengandung banyak garam.

Ketombe dapat hilang karena kamu melakukan perawatan rambut yang rutin dan tepat.

Tapi ada beberapa kebiasaan yang dapat kamu lakukan dapat mencegah ketombe, yaitu:

1. Keramas Rutin

Keramas yang dianjurkan 2-3 hari sekali. Terlalu lama keramas atau terlalu sering keramas dapat meningkatkan produksi sebum pada kulit kepala.

Bagi kamu yang kulit kepalanya berketombe bisa menggunakan sampo anti ketombe untuk membersihkan kulit kepala secara menyeluruh dan harus membilasnya dengan bersih.

Sampo anti ketombe dianjurkan untuk digunakan di seluruh rambut dan kulit kepala, lalu di diamkan selama 5 menit sebelum di bilas.

2. Rajin Berjemur di Pagi Hari

Rajin berjemur di pagi hari bukan hanya baik untuk tubuh lho!

Kegiatan ini juga baik untuk mencegah ketombe, karena paparan sinar UV dapat membantu mengendalikan ketombe rambut.

Kamu hanya perlu berjemur 10-15 menit tidak boleh lebih dari itu agar paparan sinar UV pada kulit tidak berlebihan, karena terlalu lama berjemur dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

3. Mengkonsumsi Makanan Kaya Omega-3

Jika kamu kekurangan asam lemak omega-3 dapat menyebabkan ketombe, kuku mudah patah dan kulit kering. Asam lemak omega-3 bermanfaat untuk mengelola produksi minyak, mengatur peradangan, meningkatkan hidrasi dan mengurangi penuaan.

4. Mengaplikasikan Lidah Buaya

Kamu dapat mengaplikasikan lidah buaya ke kulit kepala untuk mengurangi ketombe karena lidah buaya mengandung zat aktif antibakteri dan antijamur untuk mengatasi ketombe, mengurangi peradangan dan mampu mengurangi rambut rontok.

Cara mengaplikasikannya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepalamu, tapi sekarang sudah banyak beredar gel-gel lidah buaya di pasaran dan praktis banget untuk kamu gunakan.

5. Mengurangi Stres

Jangan sampe kalian stress ya girls! Karena kalo kamu stress dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan tekanan darah naik, detak jantung cepat, dan memicu peradangan.

Selain itu stress dapat menyebabkan beragam gangguan kulit. Salah satunya ketombe.

Untuk menghindari stress kamu bisa melakukan meditasi, relaksasi, yoga atau olahraga rutin setiap hari.