Nyeri saat haid adalah keluhan yang umum dirasakan oleh wanita selama menstruasi. Hal ini disebabkan oleh pelepasan hormon prostaglandin yang menyebabkan rahim berkontraksi untuk mengeluarkan sel telur yang tidak dibuahi.

Beberapa wanita mengalami gejala seperti sakit perut, kembung, kelelahan dan sakit kepala selama haid. Ternyata, latihan fisik bisa membantu Sahabat Hawa meredakan gejala-gejala ini.Sebelum mengetahui cara menghilangkan nyeri haid dengan gerakan olahraga, ada baiknya memahami manfaat yang bisa rasakan, dari berolahraga saat masa haid tiba.

Berolahraga selama siklus haid sangat bermanfaat, karena mempengaruhi kadar hormon dan membantu mengelola gejala menstruasi. Saat tubuh bergerak (saat berolahraga), ia menghasilkan endorfin, yang bertindak sebagai pereda nyeri alami. Namun, perlu diingat untuk tidak memaksakan diri jika aliran darah haid deras dan mengalami kram yang menyakitkan.

Berikut bebarapa olahraga yang dapat Sahabat Hawa lakukan untuk meredakan nyeri haid :

1. Yoga

Gerakan yoga terbukti bisa menjadi cara meringankan nyeri haid. Selain itu, gerakan yoga tidak hanya mengurangi nyeri haid, tapi juga memperbaiki suasana hati, meningkatkan energi, hingga meringankan kegelisahan.Salah satu gerakan yoga yang mudah dilakukan dan dapat mengatasi nyeri haid adalah child pose.

2.  Plank

Kalau mau yang olahraga yang lebih praktis dan cepat untuk mengurangi nyeri haid, cobalah dengan plank. Ambil posisi berbaring menelungkup di lantai dengan posisi lurus, kemudian lipat tangan dan siku di bawah dada. Lalu, angkat tubuh perlahan dengan menggunakan lengan bawah dan jempol kaki. Tahan sikap ini selama satu menit dan ulang beberapa kali.

3.Latihan Kardio

Latihan kardio dalam intensitas dan kecepatan rendah adalah salah satu olahraga yang ampuh untuk mengurangi serangan kram perut. Dengan latihan ini akan membantu membentuk otot dan meningkatkan detak jantung. Contohnya adalah jalan cepat, lari atau senam aerobik. Pilih sesuai selera dan minat kamu ya.

4.  Bersepeda

Bersepeda termasuk olahraga aerobik ringan yang baik untuk mengurangi nyeri haid. Jika rutin dilakukan, bersepeda akan membuat aliran darah lebih lancar dan membuat tubuh lebih rileks, sehingga nyeri saat haid pun akan berkurang.

5. Latihan perut

Latihan perut berfokus pada penguatan perut. Nah mungkin Sahabat Hawa berpikir itu akan menjadi kontraproduktif, mengingat mungkin sedang mengalami kram. Tapi ini adalah cara terbaik untuk mengendurkan otot perut, yang akan meredakan kram saat haid

6. Pilates

Gerakan dalam pilates baik untuk melancarkan aliran darah, meregangkan otot, dan meningkatkan hormon endorfin yang dapat mengurangi nyeri saat haid. Tak hanya itu, olahraga ini pun baik untuk memperkuat otot dan sendi serta meringankan nyeri punggung.

Semakin rutin berolahraga maka semakin besar kemungkinan untuk terhindar dari nyeri haid maupun kram perut dan sakit punggung. Sebaliknya, jika tidak berolahraga, maka akan ada sisa-sisa metabolisme tubuh yang sudah tidak terpakai dan akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri haid.