Berolahraga secara rutin memiliki banyak manfaat, di antaranya menjaga kebugaran tubuh, melepaskan endorfin, mengurangi stres, meningkatkan energi dan menjaga kesehatan. Namun segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan memang bisa berakibat kurang baik bagi tubuh, termasuk olahraga. Kamu memang dianjurkan untuk berolahraga secara rutin untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat. Tapi, jangan juga berolahraga secara berlebihan, karena bisa memberi dampak negatif pada tubuh. Kondisi ini disebut overtraining, yakni kondisi yang terjadi ketika kamu berolahraga terlalu banyak atau dengan intensitas tinggi secara konsisten sehingga tubuh tidak dapat pulih dari stres tersebut. Banyak orang yang berolahraga secara berlebihan agar target atau tujuannya cepat tercapai. Padahal, itu adalah cara yang salah. Melakukan latihan fisik secara berlebihan justru akan membuat tubuh terkuras dan berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan.

Selain menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan fisik, terlalu sering olahraga juga bisa menyebabkan seseorang menjadi kecanduan berolahraga. Hal ini dapat dilihat dari perilaku yang mulai memaksakan untuk terus berolahraga meskipun kondisi fisik sedang tidak fit, merasa harus berolahraga setiap hari, atau merasa stres jika tidak berolahraga. Olahraga berlebih juga akan berdampak pada kesehatan tubuh diantaranya yaitu :

  • Kelelahan dan Nyeri Otot

Olahraga secara berlebihan membuat tenaga habis terkuras dan tubuh akan terasa lemas, mual, bahkan tidak ada tenaga lagi untuk melakukan aktivitas lainnya. Jika kamu masih tetap melanjutkan berolahraga, maka kamu bisa mengalami sindrom kelelahan kronis. 

Berolahraga terlalu lama tentunya akan membuat otot-otot pada tubuh kesakitan. Sendi, tulang, dan beberapa anggota tubuh akan terasa nyeri, bahkan cedera jika ada otot-otot yang digunakan secara berlebihan. Jadi pastikan kamu memberi tubuhmu waktu untuk beristirahat agar dapat pulih kembali.

  • Penurunan nafsu makan dan berat badan

Pada umumnya, kamu akan merasa lapar setelah berolahraga. Namun, berolahraga secara berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang berperan untuk mengatur seberapa lapar atau kenyang tubuh. Ketika nafsu makan menurun, tubuh otomatis tidak mendapat asupan makanan yang cukup. Jika berlangsung secara berkelanjutan, kondisi ini dapat menyebabkan penurunan berat badan.

  • Sulit Tidur

Olahraga berlebih membuat sulit mendapatkan tidur yang cukup. Insomnia atau tidur gelisah adalah gejala umum dari latihan berlebihan, yang membuat tubuh semakin sulit pulih. Tidur adalah salah satu faktor terpenting dalam membangun kekuatan dan otot. Saat tidur, tubuh menghasilkan hormon pembangun otot, seperti hormon pertumbuhan manusia (HGH), menurut National Sleep Foundation (NSF). Selama tidur gelombang lambat tubuh juga meningkatkan aliran darah ke otot, merangsang pemulihan.

  • Stres dan kehilangan konsentrasi

Berolahraga secara berlebihan dapat memengaruhi kadar hormon stres yang ada dalam tubuh. Kondisi ini dapat memicu kegelisahan dan membuat kamu mudah kehilangan konsentrasi. Tak hanya itu, olahraga berlebih juga memunculkan gejala-gejala lain seperti perubahan suasana hati dan depresi.

  • Kehilangan motivasi

Berolahraga secara berlebihan mungkin akan membuat kamu kehilangan motivasi untuk tetap latihan. Kondisi ini disebabkan oleh kelelahan fisik maupun mental, perasaan tidak mencapai target, hingga tidak menikmati latihan.

Jadi sebaiknya lakukanlah olahraga dalam batas normal, misalnya selama 15 menit, 30 menit, atau sejam setiap hari, atau tiga kali dalam seminggu. Intensitas dan frekuensi dalam olahraga juga harus menyesuaikan kondisi tubuh. Olahraga bisa dilakukan dari mana saja misalnya bersepeda atau lari dilingkungan rumah, olahraga di rumah dengan mengikuti video, video yang disediakan dalam program Hawa Gym Home Workout bisa menjadi pilihan karena telah disusun agar olahraga yang latihannya tidak lebih dari 30 menit dapat berdampak sangat efektif bagi kebugaran, selain mendapat video latihan kamu juga akan mendapat pola makan, free konsultasi dengan trainer dan dokter jika mengalami kesulitan dan masih banyak manfaat lainnya, olahraga di rumah juga bisa dilakukan bersama dengan keluarga selain itu bagi yang suka dengan fitnes atau aerobik bisa melakukan olahraga di pusat kebugaran dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Olahraga yang cukup tentunya akan memberi dampak kesehatan yang baik bagi tubuh asal tidak berlebihan saat dilakukan.