Wanita sering diberitahu bahwa latihan yang paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah kardio. Selama ini, wanita percaya bahwa latihan angkat beban atau latihan kekuatan hanya untuk pria. Latihan kekuatan akan membuat tubuh mereka terlihat maskulin, membuat mereka terlihat lebih besar seperti beberapa pria. Namun faktanya, latihan angkat beban sangat bermanfaat bagi wanita. Ini tidak hanya akan membantu dalam menurunkan berat badan lebih cepat, dan mencapai kesehatan yang lebih baik tetapi juga mendapatkan kekuatan dan kepercayaan diri, olahraga angkat beban juga merupakan salah satu latihan untuk meningkatkan ketahanan tubuh.

Berikut merupakan manfaat yang bisa didapatkan jika melakukan latihan angkat beban :

  • Menguatkan otot

Menguatkan dan menambah ukuran otot merupakan manfaat latihan angkat beban yang populer. Saat melakukan olahraga ini, kamu akan menjadi lebih mudah melakukan berbagai hal lain. Selain itu, bentuk tubuh Anda juga akan semakin terlihat menawan.

  • Memfasilitasi penurunan lemak yang efisien

Rutin latihan beban dapat membantu mengembangkan otot dan juga membakar lemak. Hal ini juga mempercepat laju metabolisme, yang membantu penyerapan nutrisi lebih cepat. Lebih penting lagi, latihan beban dapat  membantu membakar kalori tidak hanya selama latihan tetapi juga saat tubuh sedang istirahat. Alasannya – otot membutuhkan lebih banyak energi untuk menopang serta memperbaiki diri setelah latihan kekuatan. Oleh sebab itu, latihan beban adalah cara yang efektif untuk mengurangi lemak

  • Mengatasi stres

Melepaskan keringat ketika berlatih angkat beban akan membuat kamu menikmati hidup tanpa tekanan. Para ilmuwan menyatakan bahwa orang yang rajin berolahraga menunjukkan tingkat hormon stres yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga. Studi lain menunjukkan bahwa setelah kamu menghadapi situasi yang membuat stres, orang yang memiliki masa otot paling banyak lebih mudah mengembalikan tekanan darah ke kondisi semula.

  • Mencegah terjadinya cedera

Saat menjalani latihan angkat beban, kamu juga turut menguatkan tulang dan jaringan-jaringan tubuh. Hal ini dapat mengurangi peluang untuk mengalami cedera. Olahraga ini juga dapat mengurangi nyeri punggung dan artritis.

  •  Mempermudah gerakan tubuh

Melalui latihan angkat beban, kamu bisa menggerakkan otot dengan sesuai dan efisien. Olahraga ini sangat membantu agar anggota tubuh bisa bergerak secara teratur tanpa memberikan tertentu pada bagian tubuh tertentu.

  • Membangun kekuatan tulang

Semakin kamu berumur, massa tulang akan terkikis secara perlahan. Hal tersebut dapat menyebabkan meningkatnya kemungkinan kamu menderita patah tulang suatu hari nanti akibat tulang yang lemah. Sebuah studi menemukan bahwa mengikuti latihan daya tahan tubuh seperti mengangkat beban selama 16 minggu dapat meningkatkan kepadatan tulang pinggul dan pertumbuhan tulang sebesar 19%.  Latihan angkat beban angkat akan membantu penguatan tulang sehingga risiko cedera saat berolahraga dapat diminimalisir.

Jadi buat kamu yang ingin menurunkan berat badan agar lebih efektif sebaiknya tidak hanya melakukan kardio tapi juga mengimbangi dengan latihan angkat beban. Untuk membangun kebiasaan olahraga yang baik bisa dimulai dengan melakukan olahraga yang ringan seperti olahraga di rumah, jogging, latihan menggunakan dumbbel dan lain-lain. Selain melakukan olahraga, pola makan juga harus dijaga agar penurunan berat badan lebih signifikan. Nah bagi kamu yang ingin mendapat e-book pola makan untuk diet dan video panduan olahraga yang dapat memaksimalkan latihan, bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout karena dengan mengikuti program ini kamu akan mendapat banyak manfaat untuk membantumu dalam program penurunan berat badan. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/