Di Indonesia, jamu merupakan minuman berkhasiat  yang sudah ada sejak lama. Sejak dahulu, jamu sudah dipercaya sebagai obat herbal yang memiliki segudang manfaat untuk kesehata. Meski saat ini banyak ditemui obat konvensional yang ampuh mengobati beragam penyakit, jamu masih menjadi pilihan alternatif masyarakat Indonesia sebagai obat herbal. Tanaman yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu biasanya berupa rimpang dan rempah-rempah pilihan, seperti kunyit, temulawak, kunir, jahe, kencur, biji pala hingga lengkuas. Salah satu jamu yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan wanita adalah jamu kunyit asam, racikan kunyit dan asam jawa. Yuk intip khasiat ajaib jamu kunyit asam bagi kesehatan :

  • Meningkatkan Jaga Daya Tahan Tubuh

Racikan temulawak, kunyit, dan jahe adalah salah satu resep jamu yang dapat dikonsumsi secara rutin. Ketiga bahan tersebut memiliki manfaat baik antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas perusak sel tubuh, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Temulawak adalah tanaman yang dipercaya memberi manfaat perlindungan pada organ hati, sedangkan jahe berfungsi memperlancar peredaran darah dan menghangatkan tubuh. Kunyit adalah antibiotik alami yang juga dapat melindungi pencernaan.

  • Membantu Meredakan Nyeri Haid

Bahan dasar jamu seperti kunyit memiliki zat alami curcumin yang memiliki sifat anti inflamasi alami. Selain itu, ramuan kunyit asam juga diandalkan oleh banyak wanita saat mengalami nyeri haid. Kandungan curcumin dalam jamu kunyit asam dapat mengurangi produksi hormon pemicu peradangan dan rasa nyeri yaitu prostaglandin. Tak hanya itu, asam jawa dalam jamu kunyit asam juga dapat berpengaruh terhadap sistem saraf serta otak. Dengan demikian, otak bisa mengirim sinyal ke tubuh agar kontraksi rahim bisa mereda dan nyeri haid berkurang.

  • Menurunkan Berat Badan

Bagi mereka yang ingin mencapai berat badan ideal, jamu kunyit asam bisa jadi alternatif minuman yang sehat. Manfaat kunyit asem bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurangi respon peradangan pada sel tubuh. Dengan terjaganya kadar gula darah serta kolesterol, maka dapat menghindari kenaikan berat badan drastis. Risiko mengalami obesitas juga dapat ditekan.

  • Berfungsi Sebagai Antioksidan

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa kunyit dan asam sama-sama bermanfaat sebagai antioksidan. Pasalnya, senyawa kurkumin pada kunyit diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi, sama halnya dengan asam jawa yang juga mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk tubuh. Kandungan antioksidan pada minuman kunyit asam mempunyai aktivitas yang lebih besar dibandingkan dengan antioksidan sintetis. Suatu penelitian menyebutkan bahwa formula terbaik minuman kunyit asam terdiri dari 25 persen asam, 5 persen kunyit, dan 70 persen air untuk kadar antioksidan yang maksimal.

  • Mengatasi Keputihan

Selain nyeri haid, masalah wanita yang tak ada habisnya adalah masalah keputihan. Tak hanya wanita dewasa, tetapi remaja dan lansia juga masih ada yang mengalaminya. Terutama ketika sudah mendekati waktu menstruasi atau haid dan menopause. Manfaat kunyit asam bisa bantu menghentikan keputihan. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan mineral dan minyak atsiri yang dimilikinya. Kedua kandungan ini mampu membersihkan darah haid yang tersisa pada saluran tubafalopi. Kandungan ini juga sangat efektif hentikan dan cegah keputihan. Untuk bisa merasakan manfaatnya, mengonsumsi secara rutin dengan takaran pas sangat dianjurkan.

  • Menghilangkan Bau Badan

Memiliki masalah dengan bau badan jelas membuat kamu tidak nyaman. Bukan karena keringat, tetapi bau badan sebenarnya berasal dari bakteri dan kuman di badan. Agar bisa terhindar dari bau badan yang menyengat, kamu bisa mengonsumsi kunyit asam. Manfaat kunyit asam ampuh menghilangkan bau badan. Manfaat ini dipengaruhi oleh sifat anti-bakteri yang dimiliki kunir asem. Ada zat klavikula dan estradiol yang dapat hilangkan bau badan, mengontrol hormon, dan keringat.

Dalam upaya untuk mencapai kondisi kesehatan yang optimal diperlukan daya tahan tubuh yang baik sehingga tubuh menjadi bugar dan tidak mudah terserang penyakit. Minum jamu bisa menjadi salah satu pilihan untuk menjaga daya tahan tubuh, namun harus juga dibarengi dengan menjaga pola makan yang baik dan rutin berolahraga. Jika masih bingung ingin mengikuti program olahraga yang dapat membangun kebiasaan baik bisa mencoba ikut program Hawa Gym Home Workout. Program ini memungkinkan kamu untuk berolahraga di rumah. Nah tentunya kamu akan mendapat video panduan agar olahraga maksimal, e-book pola makan, gratis konsultasi dan masih banyak lagi. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang program ini bisa kunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/.