Berolahraga di gym adalah salah satu pilihan yang bisa kamu lakaukan untuk meningkatkan kesehatan fisik. Karena di gym tersedia alat yang lengkap untuk melatih fisik dan membentuk bodi ideal yang kamu impikan. Berolahraga di gym bisa menghilangkan stress dan badan juga dapat lebih bugar karena saat mengikuti gym kamu bisa berinteraksi dengan orang lain misalnya mengikuti kelas zumba, aerobik atau yoga bersama. Setelah kamu mulai berolahraga, akan ada banyak perubahan baik yang terasa pada tubuh dan pikiran. Meski begitu, menjadikan olahraga di gym sebagai rutinitas bukanlah hal yang mudah, akan ada banyak gangguan yang membuat kamu tidak konsisten dan malas-malasan. Maka dari itu, yuk lakukan tips berikut sebelum mulai latihan di gym yaa

  1. Lakukan Pemanasan

Tidak ada yang salah dengan bersemangat ketika ingin berolahraga di gym. Yang salah adalah ketika Anda langsung mengangkat beban berat tanpa pemanasan terlebih dahulu. Perlu diingat, berolahraga tanpa pemanasan bisa menimbulkan cedera yang merugikan. Melakukan pemanasan sebelum mengawali olahraga penting untuk dilakukan. Tujuannya demi menghindari cedera dan mengendurkan otot yang kaku sehingga tidak kaget saat melakukan olahraga. Melakukan  pemanasan jadi persiapan untuk otot melakukan berbagai macam gerakan dan meningkatkan jangkauan gerak sehingga bisa mengurangi risiko cedera.

2. Jangan fokus ke satu alat

Tips gym selanjutnya adalah jangan fokus ke satu alat. Sebab, berolahraga di gym membuatmu lebih leluasa dalam memilih alat olahraga apa yang diinginkan. Ingat, setiap alat olahraga di gym memiliki fokus gerakan yang berbeda-beda. Misalnya, kamu ingin cardio, cobalah treadmill. Jika ingin memperbesar otot lengan, angkatlah barbel yang sudah tersedia dengan berbagai beratnya. Intinya, jangan monoton dan fokus pada satu alat saja. Sebab, hal dapat membuat kamu cepat bosan dan tak termotivasi.

3. Jangan malu bertanya

Memiliki teman di gym adalah salah satu keuntungan yang tidak bisa didapatkan ketika kamu hanya berolahraga di rumah. Mungkin saja, teman-teman gym kamu sudah lebih paham dengan berbagai macam gerakan yang bisa membantu kamu mencapai body goals.Maka dari itu, jangan malu bertanya pada mereka. Mintalah mereka untuk mengoreksi ketika kamu melakukan gerakan yang salah, ketika mengangkat beban atau menggunakan alat berat di gym. Sebab, gerakan olahraga yang salah, hanya akan membawa cedera. Jika gym menyediakan trainer gratis kamu juga bisa bertanya kepada mereka, karena mereka lebih ahli dalam memberikan instruksi mengenai gerakan atau alat yang ingin kamu gunakan yaa.

4. Pastikan tubuh tetap terhidrasi

Selalu bawa atau belilah air putih kemasan ketika berolahraga di gym. Dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi, performa kamu di gym akan terjaga, sehingga tujuan nge-gym pun akan tercapai.Terlebih lagi, menjaga hidrasi tubuh bisa membantu tubuh cepat pulih setelah sesi olahraga. Sehingga Anda siap melakukan olahraga lagi di kemudian hari.

5. Perhatikan pola makan

Tanpa pola makan yang baik, performa olahraga kamu di gym tidak akan maksimal. Tips gym untuk pemula ini sangat penting bagi kamu yang ingin rutin berolahraga di gym. Terutama protein, yang bisa meningkatkan proses penyembuhan otot-otot setelah digunakan saat nge-gym. Tidak heran banyak orang yang suka makan dada ayam setelah nge-gym. Selain itu, jangan lupakan juga lemak baik yang dikandung banyak makanan. Lemak baik bisa memproduksi energi untuk otot.

6. Tahu kapan harus istirahat

Lakukanlah olahraga dengan kekuatan terbaikmu, bukan terbaik versi orang lain. Maka dari itu, ketika kamu merasa tubuh sudah mulai kelelahan, beristirahatlah. Jangan malah memaksakan diri. Jika tidak memberikan tubuh waktu istirahat, performa di gym bisa menurun. Ingat jangan terburu –buru, karena semuanya buruh proses termasuk juga bodi ideal. Jangan memaksakan diri untuk berlatih terlalu keras atau mengikuti gerakan ekstrem seperti teman gym lainnya.Ingat, setiap orang punya batasannya masing-masing. Mulailah secara bertahap, dengan mengangkat barbel yang lebih ringan terlebih dahulu, untuk membiasakan badan dengan kondisi gym.

Tips ini bisa banget nih kamu terapin jika memiliki keinginan untuk memulai olahraga di gym. Namun buat kamu yang tidak memiliki waktu luang untuk datang ke gym, kamu tetap bisa melakukan gym di rumah lhoo. Melihat situasi seperti ini Hawa Gym menghadirkan program Hawa Gym Home Workout nih buat kamu. Program ini dirancang untuk kamu agar bisa melakukan olahraga dirumah dengan video latihan agar gerakan yang kamu lakukan tidak salah dan bisa memberikan manfaat. Selain mendapat video tutorial agar latihan menjadi maksimal kamu juga mendapatkan banyak benefit lain dari mengikuti program Hawa Gym Home Workout seperti, sesi konsultasi dengan trainer professional dan dokter pribadi, mendapatlan e-book pola makan yang sehat, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/ yaa