Sebagian besar dari mereka yang gagal dalam menjalani diet biasanya mengalami kesulitan saat harus mengurangi nafsu makan. Keinginan untuk terus makan terkadang bekerja pada alam bawah sadar hingga membuat tubuh seperti tidak mengenal kondisi kenyang. Tidak heran jika diet menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Meskipun begitu, ada banyak cara untuk dapat mengatasi nafsu makan berlebih. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat menekan atau mengatasi nafsu makan tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat kamu konsumsi untuk mengatasi nafsu makan yang berlebih :

1. Kacang Almond

Segenggam kacang almond memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh. Nutrisi tersebut mencakup sumber antioksidan, vitamin E, dan magnesium. Almond juga telah terbukti dapat meningkatkan perasaan kenyang dan sehingga dapat membantu kamu mengendalikan nafsu makan berlebih. Tidak heran jika almond menjadi camilan yang diandalkan oleh mereka yang sedang menjalani program diet.

2. Alpukat

Buah alpukat dapat membantu kamu untuk mengurangi nafsu makan. Buah ini merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak kandungan serat dan lemak tak jenuh tunggal. Tidak heran jika alpukat beperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Selain itu, alpukat juga memiliki peran dalam menekan nafsu makan ketika dimakan dalam jumlah sedang. Faktanya, lemak pada buah kecil ini mengirim sinyal ke otak yang memberi tahu bahwa perut sudah kenyang.

3. Apel

Apel dari semua varietas dan jenisnya dapat membantu menekan rasa lapar karena beberapa alasan. Pertama, apel memiliki kandungan serat larut dan pektin yang meningkatkan perasaan kenyang dalam tubuh . Selain itu, apel juga mampu mengatur glukosa dan meningkatkan kadar energi. Terakhir, apel membutuhkan banyak waktu untuk dikunyah, sehingga membantu memperlambat kamu dalam menghabiskannya. Alhasil apel dapat membuat tubuh merasa tidak lagi lapar.

4. Telur

Hasil dari penelitian telah menunjukkan bahwa makan satu atau dua telur untuk sarapan dapat membantu para pelaku diet merasa lebih kenyang selama 24 jam dibandingkan jika mereka makan roti dengan jumlah kalori yang sama. Hal ini dikarenakan telur kaya akan kandungan protein. Penelitian menunjukkan dengan menambahkan 20-30 gram protein ke dalam menu asupan harian dapat membantu untuk mengurangi nafsu makan. Sebaliknya, saat asupan protein harian tidak terpenuhi, nafsu makan dapat meningkat. Jadi sangan penting ya untuk memenuhi asupan protein harian saat menjalani diet.

5. Oatmeal

Meskipun tinggi karbohidrat, jenis karbohidrat di oatmeal cukup lambat untuk dicerna. Tidak heran jika dengan mengonsumsi oatmeal, kamu akan merasa kenyang lebih lama. Hal ini disebabkan karena oatmeal bekerja dengan menekan produksi hormon ghrelin. Hormon ini adalah hormon yang berperan untuk menimbulkan rasa lapar. Sehingga dengan mengonsumsi oatmeal saat diet kamu dapat menunda lapar sehingga keinginan untuk makan berlebih dapat terhindar.

6. Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah makanan yang kaya akan serat sehingga baik untuk mengatasi nafsu makan berlebih. Tubuh butuh waktu lebih lama untuk mencerna serat, sehingga komponen ini akan berada lebih lama di sistem pencernaan. Hal ini menyebabkan kamu akan merasa kenyang lebih lama. Beragam sayur berdaun hijau seperti kangkung, bayam, dan kale merupakan, sayuran berserat yang jika dimakan dapat menekan rasa lapar. Selain sayuran hijau, kamu juga bisa mendapatkan serat dari gandum, kacang-kacangan, dan biji chia.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat kamu konsumsi untuk mengatasi nafsu makan yang berlebih.  Namun kamu juga perlu untuk tetap mengatur jadwal makan dengan teratur saat menjalani diet agar tubuh tetap sehat dan tidak timbul penyakit akibat terlambat makan. Agar program dietmu lebih maksimal kamu juga perlu berolahraga secara teratur untuk meningkatkan kebugaran dan membantumu membakar kalori yang telah kamu makan. Saat masa pandemi seperti ini olahraga di rumah lebih baik untuk dilakukan karena intensitas bertemu orang lain menjadi lebih sedikit. Tapi bagi kamu yang tetap memiliki waktu luang untuk datang ke pusat kebugaran juga bisa tetap berolahraga dengan memperhatikan protokol kesehatan yang diterapkan. Olahraga di rumah akan lebih menyenangkan dengan memiliki panduan video latihan yang telah disusun oleh trainer profesioanal agar olahraga yang kamu lakukan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu kamu bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan nih. Kamu akan mendapat panduan video latihan, e-book pola makan, gratis konsultasi dengan dokter dan trainer profesional jika mengalami kendala selama latihan, hemat waktu dan bensin, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/ yaa