Kulit wajah yang sehat dan bersih tentu akan membuat kamu tampil lebih menawan dan percaya diri. Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda. Ada yang normal, sensitif, kering, berminyak, dan kombinasi. Apa pun jenis kulit wajah yang kamu miliki, rutinitas merawat kulit wajah tidak boleh dilewatkan. Jadi, pastikan untuk merawat kulit wajah secara konsisten dan gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Untuk tahu hal-hal apa saja yang dapat kamu lakukan untuk merawat kulit agar sehat dan glowing simak tips berikut yaa:

  • Gunakan Produk Perawatan Kulit Yang Tepat

Pada umumnya, kulit akan melakukan regenerasi setiap 28 hari atau lebih. Akan tetapi, terkadang sel kulit mati dapat menumpuk. Terlebih, kondisi kulit juga dapat berubah secara signifikan menjadi lebih baik atau lebih buruk tergantung kepada berbagai faktor internal dan eksternal. Oleh sebab itu, perlu dilakukan cara menjaga kulit agar tetap sehat menggunakan produk perawatan kulit yang tepat sesuai jenis kulit. Penggunaan produk perawatan kulit yang tepat dapat mendukung kulit sehat dan bercahaya. Selain itu ingat untuk selalu menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

  • Makan Makanan Yang Sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat untuk kulit, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, protein dan lemak sehat, baik untuk kesehatan kulit, termasuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan yang mengandung vitamin C dan vitamin E juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Konsumsi lemak sehat juga dapat membantu mengisi kembali kemampuan tubuh dalam menciptakan membran sel yang sehat dan kuat. Hal ini bertujuan untuk melindungi kulit dari paparan polusi dengan mengembalikan lapisan penghalang kulit.

  • Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Minum air putih juga penting sebagai cara menjaga kesehatan kulit Selain mencegah dehidrasi, minum air putih bisa menjaga kulit. Kurangnya asupan cairan tubuh dapat menyebabkan kondisi dehidrasi. Ketika mengalami dehidrasi, kulit kamu akan terasa kering, kasar, bersisik saat digaruk, bahkan memicu jerawat dan penuaan dini.  Mengonsumsi air putih dengan cukup bisa menjadi langkah yang tepat sebagai cara menjaga kesehatan kulit agar tetap terhidrasi dengan baik.  Pada umumnya, para ahli kesehatan menyarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari agar kulitmu dapat terhindar dari dehidrasi.

  • Rutin Mencuci Muka Agar Kulit Bersih

Cara menjaga kesehatan kulit wajah adalah dengan mencuci muka secara rutin. Mencuci muka bertujuan untuk membersihkan sisa make up, minyak, dan kotoran yang menempel di wajah.  Jika sebelumnya kamu menggunakan make up, bersihkan wajah dengan cairan pembersih make up terlebih dahulu. Sebab, make up tidak dapat diangkat sepenuhnya hanya dengan mencuci muka. Pastikan kamu membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Setelah cuci muka, gunakan toner wajah untuk membantu menghilangkan sisa-sisa sabun, minyak, atau kotoran yang mungkin masih menempel di wajah dan aplikasikan pelembab agar kulit tetap terjaga kelembapannya.

  • Rajin Mandi Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Sementara, salah satu cara menjaga kesehatan kulit tubuh adalah dengan mandi dua kali sehari.  Mandi diperlukan untuk membersihkan kulit dari minyak, keringat, dan kotoran-kotoran yang menempel.  Akan tetapi, jangan mandi dengan air yang terlalu panas atau terlalu lama mandi karena dapat menghilangkan minyak alami pada kulit. Akibatnya, kulitmu bisa menjadi sangat kering.  Untuk menghindari hal tersebut, cara merawat kesehatan kulit adalah dengan membatasi waktu mandi dan gunakan air hangat. Selain itu, pilihlah sabun mandi dengan kandungan yang ringan untuk menjaga kadar minyak alami pada kulit. Setelah mandi, tepuk-tepuk kulit tubuh Anda dengan handuk lembut agar lembap.

  • Rutin Berolahraga

Selain memakai produk skincare dan melakukan perawatan kulit, olahraga juga menjadi faktor penting yang dapat membuat wajah mulus dan bercahaya. Dokter kulit menjelaskan, detak jantung yang meningkat saat olahraga akan memompa lebih banyak darah di pembuluh seluruh tubuh. Lancarnya aliran darah ini dapat meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi pada tubuh, termasuk kulit. Itulah alasan mengapa seusai berolahraga biasanya kulit akan terlihat cerah dan merona. Rajin berolahraga tentunya mampu membantu memperlambat penuaan dini. Manfaat olahraga untuk kulit adalah juga mampu membentuk dan menguatkan otot yang berada di bawah kulit. Jika otot semakin kuat, maka akan nampak semakin kencang dan elastis kulit. Olahraga bisa dilakukan dimana saja asal kamu konsisten melakukannya pasti akan berdampak bagi kesehatan kulitmu. Olahraga di rumah bisa menjadi pilihan dimasa pandemi seperti ini. Kamu bisa join program Hawa Gym Home Workout yang telah dirancang oleh trainer profesional. Dalam program ini kamu akan mendapatkan e-book pola makan, video olahraga agar latihan lebih maksimal serta tersedia fitur free konsultasi dengan trainer dan dokter jika kamu memiliki pertanyaan atau hambatan yaa dan masih banyak manfaat lainnya. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/