Rambut sehat dan berkilau adalah impian bagi sebagian besar orang. Selain tampak indah, rambut yang sehat juga terhindar dari berbagai penyakit kulit kepala, seperti ketombe. Itulah mengapa kamu perlu mengetahui bagaimana cara merawat rambut dengan benar.

Beberapa orang mungkin menyepelekan dalam menjaga kesehatan rambut karena terlihat tidak sepenting kesehatan tubuh. Padahal, tidak merawat rambut justru dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit kepala yang cukup mengganggu. Yuk, simak berbagai cara merawat rambut agar mahkota mu selalu sehat dan berkilau berikut ini.

  • Jadwalkan keramas sesuai jenis rambut

Sebagian orang mungkin merasa bahwa cara menjaga kesehatan rambut adalah sering keramas agar terlihat lebih bersih. Faktanya, frekuensi keramas, entah itu dua atau tiga kali dalam seminggu, sebaiknya dilakukan berdasarkan jenis rambut. Sebagai contoh, pemilik rambut keriting atau kribo mungkin perlu memerhatikan perawatan rambut yang satu ini. Pasalnya, rambut yang memiliki pola ikal yang lebih padat ini memiliki tingkat kelembapan yang rendah, alias kering. Kondisi ini terjadi karena minyak alami yang melapisi kulit kepala sulit melewati rambut, sehingga lebih terasa kering. Itu sebabnya, untuk mengurangi kekeringan pada rambut, hindari mencuci rambut dengan sampo terlalu sering. Kamu mungkin dapat mencuci rambut dua kali dalam seminggu dan sebaiknya pilih produk perawatan rambut yang diformulasikan khusus untuk rambut keriting. Di lain sisi, bagi pemilik rambut berminyak disarankan untuk rutin mencuci rambut agar tidak tampak lepek dan tingkat kelembapannya terjaga dengan baik.

  • Gunakan sampo dan kondisioner yang cocok

Memilih sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut ternyata cukup penting sebagai cara menjaga kesehatan rambut. Sampo berfungsi untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran, minyak, dan produk perawatan rambut yang diaplikasikan sebelumnya. Meski begitu, kamu sebaiknya memilih sampo sesuai dengan jenis rambut. Pasalnya, ada beberapa jenis rambut yang justru tidak cocok dengan sampo tertentu dan membuatnya lebih kusut, kering, dan kotor. Selain itu, carilah produk sampo yang tidak menggunakan zat berbahaya untuk helaian rambut Anda, seperti ammonium lauryl sulfat atau natrium/sodium lauryl sulfat. Menggunakan kondisioner merupakan cara merawat rambut yang penting dilakukan agar rambut menjadi lebih lembut, bersinar, dan mudah disisir. Seperti sampo, kebutuhan untuk menggunakan kondisioner rambut cenderung berbeda bagi masing-masing individu

  • Batasi catokan dan pengering rambut

Cara merawat rambut berikutnya adalah membatasi penggunaan catokan dan alat pengering rambut. Memang, rasanya sulit untuk tidak menggunakan catokan ataupun pengering rambut. Namun, dalam jangka panjang, penggunaan alat-alat tersebut dapat melemahkan rambut, terutama bagi kamu dengan rambut yang halus, kering, dan rapuh. Jika ingin menggunakan pengering rambut, para ahli menyarankan agar alat tersebut berjarak sekitar 15 cm dari permukaan rambut. Tips perawatan rambut saat menggunakan alat pengering rambut adalah selalu gerakkan pengering pada area rambut lainnya, dan jangan terkonsentrasi pada satu titik saja. Hindari penggunaan catokan atau pengering rambut setiap hari. Anda bisa membatasi penggunaan alat-alat tersebut 2-3 kali dalam seminggu untuk memulihkan kekuatan rambut setelah dicatok.

  • Lakukam pijatan pada kepala

Sebuah studi menemukan bahwa pijatan pada kulit kepala dapat meningkatkan ketebalan rambut dan menguatkannya seiring waktu. Lakukan pijat ini dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Pijatan ini bisa dilakukan kapan saja. Entah saat rambut kamu kering atau saat basah sebelum menggunakan sampo.

  • Potong rambut secara rutin

Memotong rambut adalah cara merawat rambut yang perlu diperhatikan. Waktu yang disarankan untuk memotong rambut, yakni setiap 10-12 minggu. Memotong rambut secara berkala bisa merawat rambut agar sehat. Cara merawat rambut yang satu ini ternyata cukup penting, terutama ketika kamu memiliki rambut panjang. Dikarenakan ujung rambut adalah bagian yang paling rentan menjadi bercabang dan mengalami kerusakan. Jika kamu membiarkan ujung rambut yang rusak tetap tumbuh, kerusakan rambut pun tidak dapat dihindari. Bila kamu termasuk orang yang sering menggunakan catokan, sebaiknya lakukan hal ini setiap 6 – 8 minggu sekali. Kamu juga dapat merapikan rambut setiap tiga bulan sekali di salon bila tidak dapat memotong rambut sendiri.

  • Rutin menggunakan masker rambut

Rutin menggunakan masker rambut dapat memperkaya nutrisi dan menjaga kelembapan kulit kepala. Kamu dapat membuat masker sendiri di rumah untuk perawatan rambut alami menggunakan bahan-bahan, seperti lidah buaya, madu, hingga pisang. Rambut berminyak dan rambut kering memiliki jenis masker yang berbeda. Maka dari itu, pahami kandungan apa yang baik untuk kedua jenis rambut ini, sebelum membuat masker rambut.

Memiliki rambut yang sehat dan berkilau tentu akan meningkatkan rasa percaya diri dan membuat penampilan lebih menarik. Untuk itulan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dari ujung kaki hingga ujung kepala. Untuk menjaga kesehatan tubuh kamu bisa melakukan olahraga, mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi serta melakukan perawatan tubuh. Rutin berolahraga dapat membuat lebih bugar. Nah buat kamu yang bingung ingin menentukan olahraga yang ingin dilakukan kamu bisa memulai dengan olahraga dirumah untuk melatih pola hidup sehat. Mengikuti program Hawa Gym Home Workout bisa menjadi pilihan. Program ini cocok dilakukan dirumah karena gerakan yang disediakan mudah diikuti. Selain mendapat video latihan yang telah dirancang oleh trainer profesional agar latihan menjadi maksimal kamu juga akan mendapatkan banyak benefit lain dari mengikuti program Hawa Gym Home Workout seperti, sesi konsultasi dengan trainer professional dan dokter pribadi, e-book pola makan yang sehat, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut kunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/.