Apa yang dilakukan setelah berolahraga memiliki peran penting untuk membantu kamu meraih hasil maksimal sehabis beraktivitas fisik, mulai dari membesarkan otot, menurunkan berat badan, hingga mengurangi nyeri otot. Maka dari itu, mari kita kenali berbagai kebiasaan baik yang wajib dilakukan setelah berolahraga.

  • Minum air putih

Untuk menggantikan cairan yang hilang selama kamu berolahraga, jangan lupa minum air yang cukup. Selama olahraga, jantung juga bekerja jauh lebih keras dan membutuhkan oksigen lebih banyak. Jadi kamu harus segera mengisi asupan oksigen lagi lewat air minum. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengganti cairan yang hilang dengan minum setidaknya 2 gelas kecil atau 473 mililiter air putih setelah berolahraga. Fleksibilitas otot dan kekuatan tubuh akan tetap terjaga jika tubuh terhidrasi dengan baik. Selain itu, nyeri otot juga bisa dihindari. Tidak perlu langsung menenggak air banyak-banyak setelah olahraga. Kamu boleh minum pelan-pelan secara bertahap. Pasalnya, minum air terlalu banyak dan terlalu cepat juga berisiko. Minumlah segelas air sebelum peregangan otot, segelas setelah peregangan, dan satu gelas terakhir setelah Anda mandi atau ganti baju.

  • Mengonsumsi makanan sehat

Mengisi perut setelah olahraga adalah hal yang sering diabaikan, entah karena sibuk atau karena belum lapar. Padahal, makan setelah berlatih itu penting untuk memperbaiki dan membangun kembali otot-otot yang tadi sudah bekerja keras. Kira-kira setengah jam setelah berolahraga, tubuh Anda membutuhkan asupan karbohidrat dan protein yang cukup untuk memulihkan otot-otot. Maka, saat ini jadi momen yang baik karena asupan gizi tersebut akan langsung diolah untuk membangun otot, bukan cuma disimpan jadi cadangan lemak. Jadi, pilih menu makanan yang kaya protein seperti daging ayam, telur, bubur gandum, daging ikan, yogurt, susu, dan keju.

  • Melakukan pendinginan

Sebaiknya kamu melakukan pendinginan setelah olahraga. Sebab, hal ini dapat membantu detak jantung kembali normal setelah melakukan olahraga intens.Selain itu, pendinginan ini dapat mencegah penggumpalan darah di ekstremitas bawah, yang biasanya menyebabkan kamu merasa pusing. Pendinginan juga bisa membantu meredakan stres pada tubuh, mencegah nyeri otot, dan mencegah cedera.

  • Mandi dan ganti baju

Jangan berlama-lama mengenakan pakaian olahraga kamuyang basah oleh keringat. Segera ganti baju dan pakaian dalam usai berolahraga. Pasalnya, pakaian yang lembap karena keringat akan jadi tempat yang ideal bagi jamur, bakteri, dan kuman untuk berkembang biak. Kamu pun lebih rentan terkena infeksi kulit dan jerawat. Spesialis kulit, dr. Neal Schultz, merekomendasikan untuk langsung ganti baju paling lambat setengah jam sesudah berolahraga untuk mencegah pertumbuhan jamur, bakteri, atau kuman. Akan lebih baik lagi jika kamu mandi setelah berolahraga. Usahakan untuk mandi dengan air yang sejuk, bukan air hangat atau panas. Pasalnya, air dingin bisa membantu meredakan peradangan dan mempercepat pemulihan setelah olahraga.

  • Meregangkan tubuh

Hal lain yang perlu dilakukan setelah berolahraga adalah melakukan peregangan, terutama saat otot-otot di dalam tubuh masih ‘hangat’.Peregangan dapat meredakan ketegangan otot, meningkatkan fleksibilitas otot, mencegah nyeri otot, dan membuat otot rileks. Selain itu, peregangan uga bisa meningkatkan rentang gerak, mobilitas, serta mendukung postur tubuh yang baik.

Melakukan kebiasaan tersebut akan membantumu meningkatkan daya tahan tubuh dan kebugaran pasca melakukan olahraga. Olahraga bisa kamu lakukan di gym atau dirumah sesuai dengan waktu yang kamu punya dan olahraga ang ingin kamu lakukan. Agar olahraga yang kamu lakukan lebih teratur dan latihan menjadi maksimal kamu bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout. Program ini telah dirancang oleh trainer profesional dan memang dikhususkan bagi kamu yang ingin rutin berolahraga untuk menurunkan berat badan. Selain memberikan video latihan untuk gerakan  olahraga yang mengenai seluruh bagian tubuh, kamu juga akan mendapatkan gratis sesi konsultasi dengan trainer dan doker jika memiliki pertanyaan seputar diet. Benefit lain yang akan kamu dapatkan yaitu mendapat diskon di merchant yang sudah bekerjasama dengan Hawa Gym, hemat bensin dan bisa berolahraga di rumah sesuai dengan waktu olahraga yang kamu inginkan. Untuk info lebih lanjut kunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/.