Banyak orang yang menganggap bahwa pola makan saat diet hanya dengan mengurangi porsi dan jenis makanannya. Padahal menjalani diet lebih dari kedua poin tersebut. Diet yang sehat nyatanya tidak semudah kedengarannya. Salah strategi justru bisa menjadi bumerang bagi berat badan. Itu sebabnya, cara diet sehat memerlukan panduan yang tepat guna mengurangi berat badan. Untuk mengetahui cara diet sehat agar pola makan lebih teratur simak penjelasan dibawah ini ya :

  • Menghitung kebutuhan kalori

Sebelum merancang menu makanan, cara yang paling tepat memulai diet sehat yaitu mengenali kebutuhan kalori. Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda berdasarkan berbagai faktor, seperti usia hingga kondisi kesehatan. Sebagai contoh, penyandang obesitas akan memiliki kebutuhan kalori yang berbeda dengan orang sehat yang ingin mengurangi berat badan. Dengan memperoleh jumlah kalori yang tepat dari makanan dan minuman, tubuh mendapatkan energi yang dibutuhkan. Alhasil, fungsi tubuh akan berjalan normal, mulai dari berpikir, memompa darah, hingga bernapas. Jadi, sebelum merancang pola makan untuk mempertahankan berat badan, kenali dahulu kebutuhan kalori agar tubuh tetap berfungsi dengan baik.

  • Mengatur porsi makan

Selain kebutuhan kalori, cara diet sehat lainnya yang perlu diperhatikan yaitu mengatur porsi makan. Pada saat menjalani diet, bukan berarti kamu harus menghindari berbagai jenis makanan. Pasalnya, semua jenis makanan tetap dibutuhkan oleh tubuh, hanya saja kamu perlu mengatur porsi makan dengan baik.

Idealnya, kamu bisa membagi piring menjadi 4 bagian yang terdiri dariseperempat untuk daging atau sumber protein, seperempat untuk karbohidrat, dan sisanya sayuran hijau dan berwarna warni. Intinya, kamu perlu menyesuaikan porsi makan dengan prinsip gizi seimbang. Jangan lupa untuk menghindari makanan berlemak atau tinggi gula ketika makan malam agar berat badan tidak melonjak drastis.

  • Membuat jadwal makan yang teratur

 Banyak orang yang percaya, melewatkan waktu makan dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Nyatanya, hal ini tidak benar adanya. Setiap waktu makan penting dalam sebagai salah satu cara menjalani diet sehat. Melewatkan waktu makan justru membuat tubuh merasa cepat lapar, gula darah naik-turun drastis, dan stres. Jika ingin mengurangi porsi makan, kamu bisa membagi 3 waktu makan besar menjadi 6 kali makan sepanjang hari dengan porsi kecil. Kuncinya, kamu tetap perlu menghindari makanan tinggi lemak dan tinggi kalori. Selain itu, pastikan pula untuk tidak melewatkan sarapan dengan makanan tinggi protein dan serat. Hal ini bertujuan agar tubuh merasa kenyang lebih lama hingga waktu makan siang tiba.

  • Makan secara perlahan

Makan secara perlahan ternyata termasuk bagian dari cara aman untuk menjalani diet sehat. Metode ini terkadang membuat kamumerasa kenyang lebih cepat. Melansir Harvard Health, para ahli melaporkan bahwa perut kenyang merupakan bagian dari faktor kepuasan makan seseorang setelah makan. Faktor rasa kenyang ini ternyata juga dipicu oleh otak. Pasalnya, otak juga memerlukan serangkaian sinyal dari hormon pencernaan yang disekresikan oleh saluran pencernaan. Sedangkan, makan terlalu cepat justru tidak memberikan tubuh waktu yang cukup untuk mengirimkan sinyal hormonal tersebut. Akibatnya, kamu mungkin akan terus makan karena perut belum terpuaskan.

Selain mengatur pola makan dengan terjadwal dan mengatur asupan kalori, olahraga juga diperlukan untuk memaksimalkan pembakaran kalori dan menjaga kesehatan tubuh. Agar gerakan yang dilakukan tepat dan  lebih terstruktur serta terhindar dari cedera akibat gerakan yang kurang sesuai maka sangat penting untuk memilih referensi gerakan olahraga yang benar. Salah satu referensi gerakan yang dapat di ikuti yaitu mengikuti video latihan yang disediakan di program Hawa Gym Home Workout. Program Hawa Gym Home Workout ini juga termasuk dalam olahraga HIIT karena dilakukan dalam waktu singkat dan membantu dalam proses penurusan berat badanmu lho. Program ini cocok dilakukan dirumah karena gerakan yang disediakan mudah diikuti. Selain mendapat video latihan yang telah dirancang oleh trainer profesional agar latihan menjadi maksimal kamu juga akan mendapatkan banyak benefit lain dari mengikuti program Hawa Gym Home Workout seperti, sesi konsultasi dengan trainer professional dan dokter pribadi, e-book pola makan yang sehat, diskon merchant dan masih banyak lagi. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang program ini bisa kunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/.