Menjalankan program diet sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Bagi sebagian orang, menerapkan hidup sehat dengan menjaga pola makan adalah kebutuhan yang harus mereka penuhi setiap hari. Nah, bagi kamu yang sedang melakukan program diet tentu sudah akrab dengan istilah cheating day. Cheating day adalah salah satu fase dalam siklus program diet di mana seseorang yang tengah menjalani diet dapat beristirahat dan mengonsumsi makanan yang ada di luar menu dietnya. Selama satu hari, kamu dapat leluasa mengonsumsi makanan yang menjadi pantangan dalam program dietmu. Setelah satu hari itu berakhir, maka kamu akan kembali ke menu yang sudah ditetapkan. Teori di balik cheating day atau cheating meal ini merupakan konsep psikologis usaha dan imbalan. Setelah bekerja keras menjalani diet, maka kamu berhak menerima imbalan berupa satu waktu menikmati kemewahan hidangan yang di luar jangkauan pada saat berdiet. Dengan begitu ketika kamu kembali ke hari diet yang biasa, kamu dapat bersemangat menjalaninya. Kamu pun dapat terhindar dari perasaan jenuh dan dapat menjalani program diet dengan lebih patuh. Metode cheating day sangat bervariasi. Penerapannya pun bisa berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Semuanya tergantung pilihan dan goal dari program diet masing-masing individu. Tidak ada pedoman khusus mengenai waktu atau menu apa yang harus dipilih. Namun satu hal yang perlu diperhatikan, cheating day tidak seharusnya merusak pola dietmu. Yuk simak info dibawah untuk penjelasan lebihlanjut yaa

  • Mengonsumsi makanan sehat

Tidak hanya ketika diet saja, mengonsumsi makanan sehat pada dasarnya wajib untuk dilakukan setiap hari. Jadi, aturan cheat day yang pertama, pastikan kamu tetap memperhatikan asupan makanan sehat yang mengandung protein dan serat.

  • Memperhatikan porsi makanan

Selain memperhatikan cara makan, kamu juga harus memperhatikan porsi makan selama melakukan cheat day. Aturan cheat day yang satu ini pada dasarnya sama saat kamu sedang melakukan program diet. Konsumsilah makanan tidak dalam porsi besar dalam satu kali makan. Jadi, makan sedikit tapi sering sebenarnya lebih baik baik ketimbang langsung kalap makan dalam jumlah yang besar. Selain mengurangi risiko perut begah, hal tersebut juga akan membantu sistem metabolisme tubuh mencerna makanan dengan mudah. Pasalnya, makanan tersebut dapat membantumu mengontrol nafsu makan tetapi tetap menjaga kebugaran tubuh walaupun sedang membatasi pola makan.

  • Makan secara perlahan

Meski bebas konsumsi apa pun saat libur diet, ingatlah untuk memperhatikan cara makanmu. Makanlah makanan yang kamu sukai secara perlahan dengan mengunyah secara perlahan-lahan sehingga kamu bisa menikmati rasa pada makanan tersebut. Makan secara perlahan dapat membantumu merasa lebih cepat kenyang, lho! Dengan begitu, kamu akan memberi waktu bagi hormon bernama leptin untuk mengirim sinyal pada otak guna menimbulkan rasa kenyang dan senang setelah makan.

  • Buat sendiri makanan cheat day

Dengan membuat makanan sendiri, kamu bisa memilih bahan-bahan berkualitas. Kamu juga lebih memperhatikan kadar kalori, lemak dan protein yang terkandung pada makanan yang dibuat sendiri. Ada begitu banyak resep makanan sehat yang bisa kamu buat di rumah. Sebagai contoh kamu bisa membuat es krim dan es kopi susu gula aren dengan pemanis alami yang lebih rendah kalori.

  • Terapkan waktu makan yang tepat

Kamu tentu pernah mendengar metode OCD yang dipopulerkan Deddy Corbuzier kan? Nah, saat cheat day kamu bisa menerapkan metode jendela makan seperti yang ada pada program diet OCD. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengatur berapa lama batas waktu yang bisa kamu manfaatkan untuk makan sepuasnya. Misalnya, bisa makan sepuasnya dalam waktu 2 jam, mulai dari jam 4 sampai jam 6 sore. Setelah itu, kembali melakukan program diet rendah lemak. Ini bisa menjadi cara balas dendam yang efektif tanpa takut menaikkan berat badan selama diet.

  • Rileks dan nikmati harimu

Anggaplah cheat day mu sama seperti hari libur yang sesungguhnya. Maka dari itu, jalani dengan rileks dan tidak perlu terlalu menggebu-gebu untuk mengonsumsi makanan yang akan disantap. Agar tidak kalap, rencanakan dari jauh hari pilihan makanan saat cheat day. Tentukan makanan yang kamu sukai dan jangan asal makan yang macam-macam saat hari itu tiba. Tetap sesuaikan pola makan pada aturan cheat day yang baik

Cheating day dapat menjadi salah satu penunjang berhasilnya program diet, asalkan dilakukan dengan benar. Cheating day yang efektif tetap memerhatikan asupan kalori yang dikonsumsi. Pada cheating day, kamu bisa makan makanan apa saja sesukamu,  tapi sebaiknya tetap memerhatikan porsinya. Membiarkan tubuh untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup adalah salah satu kunci terbaik untuk mendapatkan tingkat kebugaran yang sukses. Jika masih bingung dalam mengatur jadwal olahraga dan waktu yang tepat untuk rest day dan cheat day serta mendapat free e-book pola makan agar lebih teratur kamu bisa ikut program Hawa Gym Home Workout. Program ini telah dirancang oleh trainer profesional dan memang dikhususkan bagi kamu yang ingin rutin berolahraga untuk menurunkan berat badan. Selain memberikan video latihan untuk gerakan  olahraga yang mengenai seluruh bagian tubuh, kamu juga akan mendapatkan gratis sesi konsultasi dengan trainer dan doker jika memiliki pertanyaan seputar diet. Benefit lain yang akan kamu dapatkan yaitu mendapat diskon di merchant yang sudah bekerjasama dengan Hawa Gym, hemat bensin dan bisa berolahraga di rumah sesuai dengan waktu olahraga yang kamu inginkan. Untuk info lebih lanjut kunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/