Asma merupakan salah satu penyakit yang sifatnya kambuhan. Sayangnya, penyakit ini tak bisa sembuh total karena disebut-sebut penyebabnya adalah genetik. Gejala asma dapat muncul kapan pun dan di mana pun tanpa kamu duga. Dikutip dari National Health Service, hal ini dikarenakan adanya pembengkakan atau peradangan pada saluran udara yang disebabkan oleh faktor pemicu tertentu. Langkah pencegahan yang tepat dapat membantu meminimalisir peluang kambuhnya penyakit asma di kemudian hari. Hal ini juga dapat meringankan gejala yangmungkin muncul ketika asma menyerang. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk pencegahan asma :

1. Hindari pemicu asma

Jika sudah resmi didiagnosis penyakit asma, penting untuk Anda mengetahui hal spesifik apa yang dapat memicu serangan. Ini merupakan langkah awal yang baik untuk pencegahan penyakit asma. Ada banyak sekali faktor penyebab asma, tetapi yang paling umum meliputi hal berikut : Debu, bulu  binatang, alergi terhadap makanan tertentu, asap rokok, bahan kimia dalam produk rumah tangga dan kosmetik, perubahan cuaca atau iklim yang ekstrem.Wewangian dalam parfum,obat-obatan tertentu dan lain sebagainya. Asma yang dipicu alergi sering kali membuat bingung apa penyebab pastinya. Jika kamu punya asma dan curiga memiliki alergi, konsultasikan ke dokter. Dokter dapat menjalankan tes alergi untuk menemukan alergen sehingga dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan penyakit asma.

2. Menggunakan pengobatan pencegah penyakit asma

Pengobatan penyakit asma terbagi dalam dua cara kerja, satu untuk mengendalikan gejala saat penyakit kambuh dan satu untuk mencegah kemunculan serangan saat gejala awalnya mulai terasa. Menggunakan obat asma sebagai langkah pencegahan dapat dilakukan dengan cara dihirup, diminum, atau disuntik. Beberapa obat asma yang paling umum adalah kortikosteroid serta bronkodilator. Konsultasi lebih lanjut ke dokter terkait cara penggunaan obat-obatan untuk mencegah asma yang sesuai kebutuhanmu.

3. Gunakan Humidifer

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa terpaan AC justru dapat memicu kambuhnya gejala asma. Pasalnya, angin yang keluar dari AC cenderung dingin dan kering sehingga dapat mengiritasi saluran napas dan memicu produksi lendir berlebih. Sebaiknya, pasanglah mesin pelembap udara (humidifier) di dalam ruangan. Udara lembap dapat menjadi salah satu cara mencegah saluran napas teriritasi, sehingga risiko serangan penyakit asma dapat berkurang. Namun, hati-hati. Pastikan kamu jangan sampai lupa membersihkan alat ini sebelum dan setiap kali habis memakainya. Bila dibiarkan kotor, humidifier justru jadi sarang kuman dan jamur yang dapat memicu kekambuhan gejala.

4. Berolahraga dengan tepat dan tidak berlebihan

Salah satu cara mencegah kambuhnya asma ketika berolahraga, pastikan kamu memilih jenis olahraga yang sesuai. Jangan sampai olahraga yang kamu lakukan  memicu asma kumat. Kamu bisa memilih berenang, jalan kaki, atau yoga. Sebagai langkah pencegahan, orang dengan asma sebaiknya menghindari segala jenis olahraga dengan intensitas tinggi. Aktivitas fisik yang mengharuskan tubuh bergerak cepat dalam waktu lama dapat memberi tekanan berlebih pada paru-paru yang pada akhirnya memicu sejumlah gejala asma. Salah satu referensi gerakan yang dapat di ikuti yaitu mengikuti video latihan yang disediakan di program Hawa Gym Home Workout. Program ini cocok dilakukan dirumah karena gerakan yang disediakan mudah diikuti. Selain mendapat video latihan yang telah dirancang oleh trainer profesional agar latihan menjadi maksimal kamu juga akan mendapatkan banyak benefit lain dari mengikuti program Hawa Gym Home Workout seperti, sesi konsultasi dengan trainer professional dan dokter pribadi, e-book pola makan yang sehat, diskon merchant dan masih banyak lagi. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang program ini bisa kunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/

5. Gunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan

Kualitas yang semakin memburuk nyatanya membuat setiap orang berisiko mengalami berbagai penyakit pernapasan. Apalagi jika kamu sudah memiliki asma. Maka itu, memakai masker mulut saat beraktivitas di luar ruangan menjadi salah satu upaya pencegahan kambuhnya penyakit asma yang patut diterapkan. Lindungi dirimu dengan memakai masker mulut termasuk saat bermotor atau menggunakan transportasi umum. Penggunaan masker dapat menghalau debu polusi, udara kotor, dan berbagai benda asing lainnya agar tidak terhirup oleh hidung. Bukan hanya asma, cara ini juga efektif untuk mencegah berbagai infeksi yang ditularkan melalui udara.

6. Atur pola makan

Bila kamu punya riwayat penyakit asam lambung, langkah pencegahan penyakit asma terbaiknya adalah dengan mengatur pola makan. Mulai sekarang, makanan yang berlemak dan digoreng sebaiknya kamu masukkan dalam pantangan untuk mencegah kambuhnya asma. Hindari pula makanan yang terlalu asam dan pedas karena keduanya dapat memicu asam lambung naik. Ganti dengan memperbanyak makan buah dan sayuran segar. Jika kamu mampu mengendalikan gejala asam lambung, risiko asma kambuh pun dapat dikurangi. Maka itu, jangan ragu untuk menjauhi pantangan makanan di atas guna mencegah penyakit asma ini, ya.

7. Mengelola stress dengan baik

Salah satu upaya pencegahan penyakit asma yang tidak kalah penting adalah berusaha untuk tidak membebani pikiranmu dengan stres. Untuk beberapa orang, memang tidaklah mudah hidup dengan asma. Mengetahui bahwa penyakit ini tidak dapat disembuhkan bisa memberikan perasaan tidak keruan, frustrasi, marah, dan sedih. Tidak hanya itu, pola tidur yang terganggu akibat asma kambuh di malam hari juga dapat memicu stres. Lakukan relaksasi dan meditasi untuk fokus terhadap saat ini, karena teknik relaksasi juga dapat membantu mencegah serangan penyakit asma.