Yoga adalah sebuah aktivitas fisik yang melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas, dan tubuhmu. Olahraga ini dinilai dapat memperbaiki kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh, terutama menyelaraskan kontrol fisik dan psikis. Sepintas, yoga memang terlihat seperti olahraga yang mudah dilakukan. Padahal, sebenarnya olahraga ini memiliki teknik yang cukup rumit. Tak jarang pula beberapa orang masih melakukan kesalahan-kesalahan, sehingga tidak berhasil mendapatkan manfaat yoga secara maksimal. Berikut adalah kesalahan-kesalahan yabg harus di hindari saat melakukan yoga:

1. Menahan napas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, yoga merupakan olahraga yang tidak hanya berfokus pada postur-postur tubuh, tapi juga pernapasan. Maka dari itu, pastikan kamu tidak melakukan kesalahan yang satu ini, terutama saat sedang mempraktikkan pose yang cukup sulit. Ketika sedang yoga, kamu justru harus merasakan setiap tarikan dan embusan napasmu. Bernapas secara sadar dan fokus tentu berbeda dengan saat kamu bernapas seperti biasa. Dengan fokus pada pernapasan, kamu merangsang kerja korteks serebral. Korteks serebral adalah bagian otak yang akan mengelola emosimu. Ketika emosi terkontrol, kamu akan merasa lebih tenang dan rileks.

2. Terlalu tegang

Kesalahan lainnya yang mungkin dilakukan dalam mengikuti yoga adalah berpikir terlalu banyak, sehingga menjadi tegang. Biasanya, pikiran-pikiran tersebut muncul karena kamu merasa tidak yakin dengan diri sendiri. Kamu tidak yakin bahwa tubuhmu cukup lentur untuk melakukan gerakan-gerakan yoga, kurang kurus, tidak punya pakaian yang cocok, dan lainnya. Bahkan, kamu mungkin cenderung membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain yang ada di dalam ruang kelas yoga. Nah, pikiran-pikiran seperti ini yang justru dapat menghambatmu. Jika kamu khawatir soal tubuh yang kurang fleksibel, tidak perlu khawatir. Justru, kamu akan mempelajari pose-pose yang membantu tubuhmu menjadi semakin lentur. Selain itu, yoga bukanlah olahraga yang menuntutmu untuk sempurna, apalagi jika kamu baru pertama kali mencoba. Jadi, tidak perlu terlalu cemas dan ingat bahwa setiap orang pasti belajar dari nol sebelum menguasai sesuatu, termasuk yoga.

3. Memaksakan pose yang menyakitkan

Salah satu kesalahan lain yang sering dilakukan dalam yoga adalah memaksakan diri. Banyak orang yang berusaha terlalu keras ketika menjajal pose tertentu, bahkan hingga tubuhnya kesakitan. Padahal, terlalu memaksakan diri melakukan gerakan yang tidak biasa kamu lakukan justru berisiko menyebabkan cedera. Kamu tidak wajib mencoba semua jenis pose yang ada. Jika memang terasa sakit, berhentilah sejenak yang paling penting dalam yoga adalah selalu dengarkan dan hargai batasan-batasan dari tubuhmu

4. Memilih kelas tidak sesuai level

Mungkin tebersit di pikiranmu untuk langsung mencoba kelas yoga dengan tingkatan yang lebih tinggi, dengan harapan mendapatkan hasil yang instan. Hal tersebut justru merupakan suatu kesalahan dalam yoga. Olahraga ini, pada dasarnya, memang tidak memberikan hasil yang langsung terasa dalam waktu singkat. Kembali lagi ke poin 3, terlalu memaksakan diri malah akan berisiko.Pilihlah kelas yoga dengan tingkatan yang sesuai dengan kemampuanm. Kuasai tenaga dalam tubuh terlebih dahulu. Setelahnya, kamu akan merasa lebih nyaman saat melakukan pose-pose yang lebih menantang.

5. Melupakan apa arti dan tujuan yoga sebenarnya

Kesalahan umum lainnya dalam yoga adalah tidak memahami secara utuh tujuan yoga itu sendiri. Beberapa orang mengira bahwa yoga hanyalah olahraga fisik semata. Padahal, yoga memiliki arti lebih dari sekadar aktivitas fisik. Yoga mengedepankan keseimbangan antara tubuh dan pikiranmu. Bahkan, para ahli dan praktisi yoga tidak menjadikan kebugaran tubuh saja sebagai tujuan utamanya. Mereka juga berfokus pada spiritualitas, yang mereka tekankan pada teknik pernapasan dan fokus mental. Dengan memahami tujuan dari yoga, kamu tidak hanya akan mendapatkan tubuh yang kuat dan sehat, tapi juga spiritualitas yang lebih kaya. Dengan begitu, kamu bisa menghadapi hidup dengan lebih tenang.

Melakukan yoga sudah terbukti bisa menjaga kebugara tubuh dan kesehatan mental. Namun kamu juga perlu menyeimbangkannya dengan olahraga lain seperti kardio atau latihan beban, untuk menjaga daya tahan tubuhmu. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, selain melakukan olahraga, pola makan juga harus dijaga agar penurunan berat badan lebih signifikan. Nah bagi kamu yang ingin mendapat e-book pola makan untuk diet dan video panduan olahraga yang dapat memaksimalkan latihan, bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout karena dengan mengikuti program ini kamu akan mendapat banyak manfaat untuk membantumu dalam program penurunan berat badan meskipun dengan olahraga di rumah saja. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/