Set dan repetisi adalah hal yang diperlukan untuk memaksimalkan hasil latihan kekuatan otot. Kombinasi yang tepat mampu membantu mencapai tujuan untuk membentuk dan meningkatkan daya tahan otot. Repetisi adalah pengulangan satu gerakan selama beberapa kali tanpa jeda istirahat saat olahraga. Repetisi merupakan bagian dari set. Mengutip situs American Council on Exercise (ACE), repetisi melatih otot dengan cara memanjangkan otot, jeda sesaat, dan pemendekan otot. Umumnya, jumlah repetisi yang dilakukan saat berolahraga akan berbanding terbalik dengan berat beban yang digunakan. Saat kamu mengangkat beban lebih berat, repetisi yang dilakukan lebih sedikit. Sebaliknya, jika beban yang diangkat lebih ringan, kamu perlu melakukan gerakan repetisi lebih banyak hingga otot terasa lelah. Sementara itu, set adalah kumpulan atau rangkaian gerakan berulang (repetisi) yang dilakukan secara berurutan dalam satu waktu. Sebagai contoh, jika mengangkat barbel sebanyak sepuluh kali dalam satu waktu, berarti kamu melakukan sepuluh repetisi dalam satu set. Di antara perpindahan setiap set, kamu bisa memberikan jeda untuk beristirahat

Jika selama latihan rutin kamu mencoba mengombinasikan pengulangan gerakan yang berbeda, kamu dapat mengukur perubahan kekuatan otot dan kemajuan performa olahraga. Inilah manfaat yang bisa kamu dapatkan saat berolahraga dengan menerapkan aturan pengulangan gerakan yang tepat.

1. Mengurangi risiko cedera

Jumlah pengulangan gerakan yang tepat membantu kamu berolahraga dengan aman. Gerakan yang dilakukan secara berulang ternyata membuat tubuh beradaptasi menahan beban yang diberikan kepada otot. Pola set dan repetisi yang tepat mampu meningkatkan daya tahan otot sampai bisa mengangkat beban secara maksimal. Namun, kamu harus segera mengambil jeda istirahat jika repetisi yang dilakukan telah melampaui ketahanan tubuhmu. Ini untuk mengurangi risiko cedera olahraga. Alih-alih mendapatkan otot yang kuat, terbentuk, dan semakin besar, cedera bisa mempersulit dan membatasi gerakan tubuh. Anda pun tidak bisa berolahraga dengan maksimal.

2. Meningkatkan kekuatan

Untuk mendapatkan manfaat latihan kekuatan yang maksimal, kamu harus berolahraga dengan konsisten. Hal ini bisa kamu dapatkan ketika mengulangi gerakan. Metode latihan dengan set dan repetisi membuat kamu mengulang gerakan terus-menerus. Hasilnya, tubuh akan semakin terbiasa dengan latihan. Tubuh pun akan beradaptasi dengan pertambahan berat beban yang digunakan. Jadi, pengulangan gerakan bisa mengukur peningkatan kekuatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat ini, coba latihan beban untuk pemula. Kamu bisa memulainya dengan mengangkat beban yang ringan dan gerakannya sebanyak delapan repetisi. Lalu, tingkatkan jumlahnya secara bertahap hingga lima belas repetisi. Lakukan sampai dengan dua set. Pastikan kamu beristirahat selama tiga puluh sampai dengan sembilan puluh detik pada setiap set.

3. Membantu membentuk otot

Ada dua hasil utama yang terlihat setiap melatih kekuatan otot, yakni otot yang terbentuk (tone up) dan semakin besar (bulk up). Jika kamu ingin membentuk otot, National Academy of Sports Medicine (NASM) merekomendasikan jumlah set dan repetisi yang lebih banyak, tetapi beban yang diangkat relatif lebih ringan. Jumlah pengulangan gerakan dan set bergantung pada kondisi kebugaran seseorang dan jumlah total latihan. Umumnya, kamu bisa mengangkat beban sebanyak 12 sampai dengan 15 kali untuk satu hingga tiga set. Jika kamu memilih membesarkan otot, repetisi yang diperlukan semakin sedikit, tetapi beban yang diangkat cenderung lebih berat. NASM merekomendasikan repetisi angkat beban untuk membesarkan otot sebanyak satu hingga enam kali saja. Akan tetapi, jumlah set yang diperlukan cenderung lebih banyak daripada untuk tone up. Idealnya, ada empat sampai dengan enam set latihan yang dilakukan untuk menambah massa otot.

Berlatih dengan jumlah pengulangan gerakan yang tepat tidak hanya membantu mencapai target olahragamu, tapi juga bisa mencegah kemungkinan cedera. Kamu bisa memulai rutinitas olahraga untuk menjaga kebugaran dan massa otot dengan olahraga di rumah. Olahraga di rumah akan lebih menyenangkan dengan memiliki panduan video latihan yang telah disusun oleh trainer profesioanal agar olahraga yang kamu lakukan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu kamu bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan nih. Kamu akan mendapat panduan video latihan, e-book pola makan, gratis konsultasi dengan dokter dan trainer profesional jika mengalami kendala selama latihan, hemat waktu dan bensin, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/  yaa.