Setelah berpuasa selama satu bulan, umat Islam akan merayakan hari raya Idulfitri. Biasanya, momen ini identik dengan berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk saling memaafkan. Bukan itu saja, berbagai jenis makanan lezat biasanya tersaji sebagai tradisi menyambut hari lebaran. Sayangnya berbagai sajian menarik yang ditawarkan kerap membuat kamu lupa diri sehingga makan berlebihan. Hal ini pun berisiko membuat berat badan kamu bertambah setelah lebaran. Yuk ketahui beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai cara menjaga berat badan. Dengan begitu kamu akan terhindari dari kenaikan berat badan yang tidak diinginkan setelah lebaran.

  • Jalani Pola Makan yang Teratur

Saat merayakan lebaran, sebaiknya jalani pola makan yang teratur. Tetaplah makan di jam makan seperti biasanya. Jika kamu ingin mengonsumsi camilan, sebaiknya pastikan kamu tidak terlalu banyak mengonsumsi camilan. Setelah lebaran, tetaplah menjalani pola makan yang teratur. Jangan melewati waktu sarapan untuk menjaga berat badan tetap terkontrol. Melewati waktu sarapan tidak akan membantu kamu untuk menurunkan berat badan karena membuat kamu merasa lapar lebih cepat sehingga sulit mengontrol porsi saat makan siang.

  • Perhatikan Porsi Makan yang Kamu Konsumsi

Berbagai sajian makanan lezat memang menjadi ciri khas lebaran, tetapi sebaiknya perhatikan jumlah makanan yang kamu konsumsi. Jika ingin mencoba semua makanan yang tersaji, sebaiknya ambil porsi kecil untuk setiap makanan. Jangan lupa untuk memperbanyak porsi sayur yang disediakan agar berat badan tetap terkontrol dengan baik.

  • Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Agar Terhindar dari Dehidrasi

Selama berkumpul dengan keluarga di momen lebaran, sebaiknya jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih. Kebutuhan cairan yang terpenuhi dengan baik membuat kamu terhindar dari kondisi dehidrasi. Saat cairan terpenuhi tubuh dapat membakar kalori dengan lebih baik. Selain itu, ketika tubuh terhidrasi dengan baik kamu bisa menekan nafsu makan sehingga lebih mudah mengontrol berat badan.

  • Perbanyak Aktivitas Fisik saat Lebaran Maupun Setelahnya

Saat lebaran sebaiknya perbanyak aktivitas fisik di dalam rumah, seperti membersihkan area makan, mencuci piring, atau mengajak keluarga bermain di halaman depan. Setelah lebaran selesai, jangan lupa untuk kembali berolahraga agar kesehatan tetap dalam kondisi yang baik.  Kamu bisa memulai rutinitas olahraga untuk menjaga kebugaran dan massa otot dengan olahraga di rumah. Olahraga di rumah akan lebih menyenangkan dengan memiliki panduan video latihan yang telah disusun oleh trainer profesioanal agar olahraga yang kamu lakukan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu kamu bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan nih. Kamu akan mendapat panduan video latihan, e-book pola makan, gratis konsultasi dengan dokter dan trainer profesional jika mengalami kendala selama latihan, hemat waktu dan bensin, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/ yaa.