Seiring bertambahnya usia, tanda penuaan secara alami pada tubuh. Salah satunya seperti kulit menjadi kasar dan tidak lagi elastis (mengendur). Namun, perlu diketahui bahwa tanda penuaan juga dapat dialami mereka yang masih muda, lho. Sebab, kondisi ini juga dapat dipicu oleh berbagai faktor. Misalnya seperti paparan sinar ultraviolet berlebih, stres, obesitas, kebiasaan merokok, hingga polusi. Kabar baiknya, sebenarnya tanda penuaan dapat dihambat perkembangannya sedari dini. Sebab, ada beberapa perawatan kulit sebagai tips mudah untuk selalu tampil awet muda yang dapat dicoba. Penasaran apa saja tipsnya? Yuk, ketahui informasinya di sini :

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu tips awet muda yang penting untuk dilakukan yaitu menjaga kulit dengan memperhatikan kesehatannya. Jika kulit kamu sehat maka orang lain yang melihatmu akan menduga jika kamu lebih muda daripada usia sebenarnya. Lalu, jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah atau diri untuk membersihkan dari sisa-sisa kotoran yang menempel pada kulit. Memang terlihat sepele, tetapi hal tersebut bisa menjadi hal yang sangat penting terhadap kesehatan kulit.

Selain perawatan dari luar, kamu juga harus merawatnya dari dalam dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Tujuannya agar kulit terhidrasi dengan baik sehingga kulit bisa menjadi lebih cerah dan terlihat awet muda.

  • Mengontrol Asupan

Mengontrol asupan yang dikonsumsi dan memperhatikan gizi pada makanan setiap harinya juga merupakan tips awet muda yang penting. Berhentilah makan jika kamu sudah merasa perut kamu sudah kenyang. Jangan tergoda dengan makanan yang ada di depan mata lalu menghabiskannya begitu saja. Konsumsilah makanan seperti alpukat yang mengandung biotin yang berfungsi menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Kandungan lain seperti antioksidan, vitamin C, vitamin E dan asam lemak tak jenuh juga dapat melindungi kulit dari radikal bebas, dan menjaga agar kulit kamu tetap awet muda.

  • Rutin Berolahraga

Menurut American Academy of Dermatology, rutin berolahraga ringan juga dapat dijadikan sebagai tips untuk menjaga kulit awet muda. Sebab, olahraga ringan dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kedua manfaat tersebut, pada gilirannya, dapat membuat kulit tampak lebih muda. Olahraga bisa dilakukan dari mana saja misalnya bersepeda atau lari dilingkungan rumah, olahraga di rumah dengan mengikuti video, video yang disediakan dalam program Hawa Gym Home Workout bisa menjadi pilihan karena telah disusun agar olahraga yang latihannya tidak lebih dari 30 menit dapat berdampak sangat efektif bagi kebugaran, selain mendapat video latihan kamu juga akan mendapat pola makan, free konsultasi dengan trainer dan dokter jika mengalami kesulitan dan masih banyak manfaat lainnya. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang program ini bisa kunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/  yaa.

  • Menggunakan Tabir Surya

Guna menjaga kulit terlihat awet muda, salah satu tips yang juga patut dilakukan adalah menggunakan tabir surya setiap harinya. Khususnya ketika kamu sedang beraktivitas di luar rumah, baik ketika cuaca sedang panas maupun sedang hujan. Sebab, sinar UV diketahui dapat mempercepat efek penuaan. Nah, pastikan untuk menggunakan tabir surya yang memiliki SPF minimal 30 dan memiliki ketahanan air. Agar tubuh terlindungi dari sinar UVA dan UVB matahari secara optimal.

  • Batasi Asupan Alkohol dan Berhenti Merokok

Konsumsi terlalu banyak alkohol dapat melebarkan pembuluh darah sekaligus membuat kulit dehidrasi. Seiring berjalannya waktu, kedua dampak negatif tersebut dapat merusak kulit. Sebagai contoh, pembuluh darah yang melebar berisiko pecah dan memicu terjadinya rosacea. Rosacea sendiri merupakan kelainan kulit yang ditandai dengan kemerahan dan jerawat kecil. Selain itu kamu juga harus berhenti merokok karena merokok dapat membuatmu terlihat lebih tua dibanding usiamu saat ini. Rokok dapat menyebabkan kulit mudah berkerut, munculnya garis penuaan di sekitar mulut, dan juga mata. Bukan hanya itu, rokok juga bisa membuat kulitmu terlihat kusam dan gigi menjadi berwarna kuning.

Itulah beberapa tips mudah untuk selalu tampil awet muda. Mulai dari menjaga kesehatan kulit, mengontrol asupan yang dikonsumsi, hingga membatasi asupan alkohol. Tidak hanya murah, dengan tips awet muda di atas juga aman dan nyaman untuk dilakukan pada kehidupan sehari-hari.