Gaya hidup tidak sehat yang tidak secara sadar atau bahkan sadar dilakukan oleh banyak orang, ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan, lho. Ada banyak sekali penyakit yang bisa mengancam jika kebiasaan ini tidak dihentikan sesegera mungkin. Efek buruk dari gaya hidup tidak sehat, disebut juga dengan penyakit gaya hidup, yaitu gangguan yang terjadi akibat kebiasaan hidup sehari-hari. Salah satu penyakit gaya hidup yang sering terjadi adalah tubuh tidak banyak bergerak dari hari ke hari. Gaya hidup seperti ini dapat meningkatkan risiko dari penyakit tidak menular kronis, serta memiliki konsekuensi yang bisa jadi mengancam nyawa. Maka dari itu, perlu tahu berbagai dampak buruk gaya hidup tidak sehat:

1. Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah contoh gangguan yang terjadi akibat gaya hidup tidak sehat. Masalah ini melibatkan jantung, katup, otot, dan pembuluh darah yang dapat membahayakan nyawa jika mengalami gangguan. Beberapa kondisi penyakit jantung yang bisa terjadi, yaitu:

  • Gagal jantung.
  • Aritmia.
  • Cardiomyopathy.
  • Penyakit arteri koroner.
  • Penyakit katup jantung.

2. Obesitas

Seseorang juga bisa menjadi terlalu gemuk karena kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kurang melakukan aktivitas fisik, stres berlebih, dan lainnya. Disebut obesitas saat indeks massa tubuh lebih dari 25. Hal ini juga dapat membuat seseorang mengalami penyakit kardiovaskular, masalah pernapasan, tekanan darah tinggi, hingga diabetes.

3. Diabetes Tipe 2

Gaya hidup tidak sehat juga dapat menyebabkan seseorang alami diabetes tipe 2. Gangguan ini terjadi akibat glukosa yang bertumpuk karena tubuh tidak bisa memanfaatkan zat tersebut. Penumpukan glukosa yang terlalu banyak dapat membahayakan tubuh jika tidak segera diatasi.

4. Hipertensi

Penyakit gaya hidup lainnya yang bisa terjadi adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ada banyak sekali komplikasi lainnya yang disebabkan oleh kondisi ini, beberapa di antaranya penyakit ginjal, penyakit jantung, stroke, hingga aterosklerosis.

5. Gangguan pada Paru-paru

Gangguan pada paru-paru ini dapat terjadi akibat gaya hidup tidak sehat, terutama merokok. Masalah ini menyebabkan aliran darah terhambat dan meradang dari paru-paru. Beberapa gejala yang bisa dirasakan, yaitu mengi, masalah pernapasan, dan lainnya. Jika dibiarkan, gangguan yang lebih parah pada paru-paru tentu bisa terjadi.

Itulah beberapa efek buruk kesehatan yang terjadi akibat gaya hidup tidak sehat. Maka dari itu, pastikan untuk menghentikan kebiasaan tersebut agar tubuh tetap sehat. Pastikan juga untuk berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Yuk mulai kebiasaan baik olahragamu dari rumah aja. Olahraga di rumah akan lebih menyenangkan dengan memiliki panduan video latihan yang telah disusun oleh trainer profesioanal agar olahraga yang kamu lakukan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu kamu bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan nih. Kamu akan mendapat panduan video latihan, e-book pola makan, gratis konsultasi dengan dokter dan trainer profesional jika mengalami kendala selama latihan, hemat waktu dan bensin, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/ yaa. Lakukanlah olahraga secara rutin minimal 30 menit sehari, ya. Selain mempertahankan berat badan ideal, rutin berolahraga juga akan mencegahmu terkena berbagai macam penyakit dan membuat mood-mu lebih baik.