Hai Sahabat Hawa bagi kamu para pemula atau baru kembali fitness setelah lama vakum, pasti bingung nih dalam menuntuka jadwal latihan yang tepat. Eitss ternyata ada cara yang mudah untuk mengatur jadwal latihanmu. Cara cepat tersebut dapat meningkatkan kemampuan fisik dan kebugaranmu. Pada dasarnya, fitness harus dilakukan dengan jadwal yang tetap. Sehingga fokus latihan tidak berantakan. Proses pembentukan tubuh pun bisa berlangsung secara seimbang.

Jadwal fitness untuk para pemula bisa dibagi ke dalam 4 minggu. Fokus latihan pun berbeda untuk tiap minggunya. Setiap hari pun, jenis latihan yang dilakukan berbeda-beda.

Agar tidak semakin bingung, mari kita bahas jadwal latihan yang mudah diikuti oleh pemula sekalipun.

Jadwal Fitness: Minggu Pertama
Fokus latihan pada minggu pertama adalah latihan untuk seluruh tubuh. Artinya, kamu akan melatih bagian-bagian tubuh utama. Pada minggu pertama, disarankan kamu hanya fitness 3 hari saja. Sangat penting untuk memberikan tubuhmu waktu untuk pulih dari lelahnya latihan. Agenda fitness untuk pemula tahap awal ini bisa disederhanakan menjadi Senin, Rabu, Jumat atau Selasa, Kamis, Sabtu. Hari lainnya menjadi waktu istirahat.
Pada minggu pertama, kamu  dapat melakukan gerakan-gerakan dasar, yang menjadi pondasi gerakan kamu di kemudian hari. Kamu pun tidak disarankan untuk menggunakan beban yang berlebihan.Karena, fokus utama pada minggu pertama adalah untuk pembentukan kekuatan dan otot untuk jangka panjang.

Jadwal Fitness: Minggu Kedua
Memasuki minggu kedua, jadwal fitness mulai bertambah, tetapi tidak banyak. Hanya bertambah satu hari saja, sehingga total 4 kali latihan dalam seminggu.
Jadwal pada minggu kedua contohnya adalah latihan bagian tubuh atas pada Senin dan Kamis, serta latihan bagian tubuh bawah untuk hari Selasa dan Jumat. Hari yang tidak disebutkan menjadi waktu untuk memulihkan tenaga.

Jadwal Fitness: Minggu Ketiga
Memasuki minggu ketiga, kamu semakin siap untuk meninggalkan cara latihan fitness untuk pemula.
Sebab, kamu dianggap sudah memiliki pengalaman yang cukup untuk menambah intensitas latihan. Di minggu ketiga, Anda akan mendatangi pusat kebugaran sebanyak 6 kali.
Pembagian menu latihannya adalah hari pertama dan keempat menjadi latihan mendorong untuk otot bagian atas seperti trisep, dada, dan bahu.
Di hari kedua dan kelima, latihan difokuskan pada bagian perut, punggung, dan bisep. Hari ketiga dan keenam menjadi waktu untuk fokus pada pengembangan otot bagian bawah, seperti paha, betis, dan panggul.

Jadwal Fitness: Minggu Keempat

Apakah jadwal fitness di minggu terakhir program ini semakin ketat? Tidak juga. Tetap 6 hari, hanya saja intensitas latihannya yang ditambah. Jenis latihan pada minggu keempat inilah yang dipermanenkan seterusnya guna menjaga kondisi kamu tetap bugar dan kekuatan tidak menurun. Penambahan intensitas latihan bisa dengan menambah jumlah set. Biasanya, latihan akan dilakukan dengan jumlah set genap, seperti 8 atau 12 set. Kalau pun tidak mau menambah set, kamu bisa menambah repetisinya. Selain itu, beban juga bisa ditambahkan agar intensitas latihan juga semakin bertambah.

Olahraga adalah aktivitas fisik yang menguras energi. Rutinitas fitness yang sederhana pun bisa berakibat fatal jika tubuh kamu kekurangan nutrisi. Pastikan Sahabat Hawa juga  menjalankan diet yang seimbang guna mengoptimalkan latihanmu. Agar latihan menjadi maksimal, kamu butuh mengonsumsi karbohidrat yang cukup. Karbohidrat dapat diekstrak menjadi energi yang memotori latihanmu. Selain itu, protein juga penting untuk menjaga pemulihan otot setelah latihan. Terlebih, protein membuat kamu merasa kenyang lebih lama, karena protein tergolong lambat dicerna.

Jalani semua tahapan latihan dengan rasa gembira. Apa pun kalau dilakukan dengan beban di hati tidak akan menghasilkan hal yang positif, bukan? Ada banyak cara agar kegiatan ngegym bisa terasa menyenangkan. Misalnya sambil mendengarkan musik. Beberapa pendapat mengatakan bahwa latihan bersama orang terdekat juga meningkatkan motivasi latihan. Kamu bisa mengajak pasangan atau anak untuk latihan bersama. 

Menjalankan fitness untuk pemula memang bisa menjadi hal yang sangat menantang. Meski demikian, lebih baik memulainya daripada tidak sama sekali, kan?. Bingung cari tempat gym yang terjangkau dengan fasilitas lengkap serta nyaman? Hawa Gym solusinya, yuk join membership Hawa Gym.