Apa itu pound fit?

Pound fit adalah jenis olahraga baru yang memadukan gerakan aerobik dengan yoga serta menggunakan alat semacam stik (ripstix) dan musik sebagai komponen utamanya. 

Olahraga ini dilakukan dengan menggerakan stik seolah menabuh drum mengikuti irama musik. Beberapa gerakan olahraga ini juga terinspirasi dari gerakan yoga dan pilates. 

Ada pun musik yang digunakan dalam olahraga ini adalah musik yang energik dan membangkitkan semangat. Seluruh proses rangkaian olahraga ini umumnya berlangsung selama 45 menit.

Berbagai manfaat di bawah bisa menjadi pertimbangan untuk memasukkan olahraga ini ke dalam variasi latihanmu.

1. Menguatkan otot tubuh

Manfaat pound fit yang pertama ialah melatih otot inti tubuh, salah satunya otot perut. Olahraga ini dirancang untuk menggerakkan badan secara keseluruhan.

Namun, banyaknya gerakan memutar dan gerakan membungkuk akan bermanfaat untuk memperkuat otot perut dan sekitarnya serta memperkuat jaringan ikat. 

Selain itu, olahraga ini juga menjadi salah satu cara terbaik bagi Anda yang ingin mendapatkan pinggang dan paha yang lebih ramping.

2. Latihan tubuh secara keseluruhan

Tidak semua olahraga melibatkan keseluruhan tubuh dalam prosesnya. Namun, olahraga yang satu ini merupakan olahraga yang melibatkan tubuh secara keseluruhan. 

Terdapat berbagai gerakan seperti burpee, squat jump, lunge, hingga gerakan menabuh drum pada pound fit.

Oleh karena itu, latihan ini cocok bagi Anda yang ingin berolahraga secara maksimal dengan hanya mengandalkan satu olahraga saja.

3. Membakar kalori

Olahraga yang satu ini selain memadukan gerakan yoga dan pilates juga dilengkapi dengan unsur kardio, yakni gerakan seperti menabuh drum.

Penggabungan ketiga olahraga ini dalam satu latihan diketahui mampu membakar kalori.

Studi dalam International Journal of Research in Exercise Physiology mengungkapkan bahwa wanita yang latihan pound selama 60 menit atau satu jam mampu membakar kalori sekitar 384 kkal, sedangkan pria membakar kalori sebanyak 444 kkal. 

Hal ini dikarenakan pound fit juga menggerakkan otot-otot yang jarang digunakan sehingga pembakaran kalori cukup maksimal.

4. Meningkatkan koordinasi tubuh

Manfaat lainnya dari pound fit adalah membantu meningkatkan koordinasi tubuh. Hal ini karena jenis olahraga ini juga melibatkan kombinasi gerakan tubuh secara bersamaan. 

Pound fit menekankan gabungan koordinasi tubuh antara tangan dan kaki sesuai dengan iringan musik. Gerakan tersebut dapat melatih koordinasi tubuh, kelincahan, keselarasan gerak, kecepatan, dan daya tahan tubuh.

5. Menghilangkan stres

Selain meningkatkan koordinasi tubuh, olahraga ini dapat membantu menghilangkan stres.

Berolahraga dapat membantu mengurangi hormon stres tubuh, seperti adrenalin dan kortisol. Selain itu, melakukan aktivitas fisik dapat merangsang produksi hormon endorfin, zat kimia di otak yang berperan dalam meningkatkan suasana hati.

Olahraga ini juga melibatkan gerakan yang unik seperti gerakan menabuh drum mengikuti suara musik yang membangkitkan semangat, sehingga olahraga jadi lebih menyenangkan.

6. Meningkatkan fungsi otak

Olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Dengan begitu, nutrisi yang dibutuhkan agar otak dapat menjalankan fungsinya dengan baik pun terpenuhi. 

Selain itu, jenis olahraga ini mampu melatih fokus dan meningkatkan konsentrasi karena melibatkan banyak gerakan secara bersamaan.

Jika dilakukan secara rutin dalam jangka panjang, olahraga ini membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan otak untuk berpikir, sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit Alzheimer atau demensia.
Nah olahraga poundfit akan hadir di Hawa Gym Panjer nih, sebagai salah satu dari variasi kelas senam yang tersedia di Hawa Gym Panjer. Yuk segera daftarkan dirimu sebagai membership Hawa Gym Panjer.