Saat berolahraga, tubuh biasanya terasa panas dan gerah hingga mengeluarkan banyak keringat. Hal ini membuat berolahraga di ruangan dingin atau ber-AC kerap jadi pilihan. Namun sebenarnya, bolehkah olahraga di ruangan ber-AC? Simak jawabannya melalui ulasan di bawah ini.

Kebanyakan tempat fitness atau gym sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah ruangan terlalu panas sehingga para member tetap nyaman saat berolahraga.

Namun, ketika tujuan berolahraga itu mengeluarkan keringat, bolehkah melakukannya di ruangan ber-AC?

Menurut sebuah penelitian dari jurnal Nutrients, olahraga di ruangan ber-AC atau tempat yang dingin justru dapat memproduksi energi lebih banyak dibandingkan berada di tempat yang panas. Ini karena tubuh cenderung lebih lama untuk berkeringat. Dengan begitu, durasi olahraga yang dilakukan bisa lebih lama. Pasalnya, saat tubuh mulai berkeringat, kamu cenderung mudah lelah. Jika sudah mulai lelah, berhenti berolahraga jadi pilihannya. Selain itu, banyaknya keringat yang keluar juga kerap menjadi acuan bahwa kamu sudah cukup berolahraga hingga akhirnya menyudahinya.

Padahal sebenarnya, banyaknya keringat yang keluar tidak sama dengan intensitas olahraga yang dilakukan. Oleh kerena itulah, berolahraga di ruangan AC boleh-boleh saja dan tidak membahayakan tubuh.

Ketika kamu berolahraga di ruangan ber-AC, sebaiknya atur suhu menjadi 20-22°C atau sesuai batas kemampuan tubuh menahan dingin. Intinya, pastikan suhu ruangan tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Terlalu dingin bisa menghambat keringat untuk keluar sedangkan terlalu panas bisa berujung pada dehidrasi.

Keuntungan berolahraga di dalam ruangan

Berolahraga di dalam ruangan termasuk ruangan ber-AC punya manfaat tersendiri.

Seperti yang dilansir dari laman MedClique, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan melakukan aktivitas fisik di dalam ruangan, seperti:

  • Lebih nyaman, karena kamu dapat menggunakan peralatan fitness yang ada dan memiliki ruangan khusus untuk berolahraga. 
  • Tidak tergantung oleh cuaca dan risiko terkena polusi udara lebih sedikit. 

Olahraga di ruangan ber AC memang tidak dilarang dan bisa jadi pilihan. Walaupun demikian, berolahraga pada pagi atau sore hari di luar ruangan saat cuaca tidak terlalu panas juga bisa dicoba. 
Jadi jangan takut ya untuk berolahraga dalam ruangan ber AC. Hawa Gym juga memastikan semua member agar nyaman dalam melakukan olahraga.