Nah buat kamu yang tidak sempat ke pusat kebugaran untuk berolahraga bisa mencoba olahraga bulu tangkis nih.Olahrag bulu tangkis sudah tidak asing bagi kita karena olahraga ini sangat digemari di Indonesia. Olahraga bulu tangkis juga menjadi olahraga kebanggaan karena telah banyak memenangkan kejuaraan dikancah Internasional. Salah satu yang terbaru yaitu meraih media emas di cabang ganda putri Olimpiade Tokyo 2020 yang di raih oleh Greysia Polli dan Apriyani Rahayu, Wahh bikin bangga banget kan. Permainan bulu tangkis merupakan jenis olahraga ini tak butuh lapangan khusus, kamu pun bisa bermain sambil olahraga bulu tangkis di halaman depan rumah, baik bersama anggota keluarga, teman sendiri maupun tetangga sebelah. Olahraga bulu tangkis merupakah salah satu alternatif olahraga di rumah yang bisa dilakukan di tengah pandemi juga lho. Selain bisa dilakukan dirumah dan hanya bermodalkan raket dan kok, olahraga ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan yang tidak bisa disepeleka juga, berikut merupakan daftaranya :

  • Menguatkan otot dan persendian tubuh

Bermain bulu tangkis melibatkan banyak gerak anggota tubuh. Seperti  otot betis, paha, bokong, panggul dan pinggul yang dipakai ketika melompat juga berlari, hingga lengan atas dan otot punggung untuk memukul bola. Terlebih olahraga ini juga dapat membentuk dan menguatkan otot inti. Otot dan persendian yang kuat dan fleksibel akan mencegah kamu dari berbagai risiko cedera saat berolahraga maupun selama beraktivitas harian. Otot dan persendian yang fleksibel juga dapat memperluas rentang gerak tubuh, sehingga dapat terhindar dari penyakit arthritis yang melemahkan pergerakan.

  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh sangat penting, terutama bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Hal ini karena metabolisme tubuh akan menentukan seberapa banyak makanan yang akan diubah menjadi energi. Jika metabolismenya berjalan dengan baik, tubuh akan membakar energi dengan cepat sehingga tidak ada penumpukan lemak dalam tubuh. Sebaliknya, metabolisme lambat berarti tubuh ikut lambat dalam membakar energi, sehingga akhirnya berisiko memicu kenaikan berat badan. Untuk itu penting untuk selalu bergerak dengan melakukan latihan fisik. Latihan fisik yang rutin akan memperbaiki metabolisme di ikuti dengn pola makan yang teratur. Nah buat kamu yang masih bingung ingin berolahraga dirumah dan dapat panduan video serta e-book pola makan serta gratis konsultasi dengan dokter dan trainer bisa gabung program Hawa Gym Home Workout yaa. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/

  • Membakar kalori

Melansir dari British Heart Foundation, orang berusia 50 tahun dengan berat badan 70 kg dapat membakar kalori hingga 395 kalori hanya dalam waktu 1 jam main bulu tangkis. Bulu tangkis termasuk jenis olahraga kardio. Olahraga kardio itu sendiri adalah jenis latihan untuk menguatkan otot jantung. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat. Pembuluh darah yang kuat dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot. Pada saat bersamaan, olahraga bulu tangkis juga dapat meningkatkan energi, menghalau stres, bahkan memperbaiki mood yang kacau seharian.

  • Memperbaiki mood

Selain baik untuk kesehatan fisik, manfaat bulu tangkis juga bisa dirasakan oleh mental dan kejiwaan Gerakan olahraga dapat merangsang hormon endorfin atau hormon kebahagiaan yang mampu meningkatkan suasana hati. Permainan bulu tangkis juga melibatkan interaksi sosial dengan minimal 1 orang alias lawan main. Terkadang, candaan yang keluar sambil bermain bulu tangkis sedikit banyak bisa meningkatkan rasa bahagia sekaligus menawar stres yang memenuhi pikiran. Setelah olahraga, kamu pun bisa tidur lebih nyenyak.

  • Meningkatkan fungsi kognitif otak

Main bulu tangkis bisa dibilang adalah salah satu jenis olahraga otak. Volume aliran darah akan meningkat pesat dari jantung ke otak selama kamu aktif bergerak. Hal ini dapat meningkatkan kerja saraf dan meningkatkan massa otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kemampuan nalar meningkat secara drastis pada orang yang rata-rata melakukan latihan kardio 30 menit per hari untuk setidaknya lima kali dalam seminggu. Kemampuan kognitif ini tentu dibutuhkan ketika kamu berlarian di lapangan untuk mengingat dan memodifikasi strategi, serta memprediksi serangan lawan.

  • Mengurangi stres

Bulu tangkis tidak hanya memberikan manfaat kebugaran fisik, tetapi juga manfaat bagi kesehatan mental. Otak akan melepaskan hormon mood bahagia dalam jumlah banyak ketika kita berolahraga, yaitu endorfin, dopamin, serotonin, dan triptofan untuk menggantikan hormon kortisol dan epineprin, dua hormon pemicu stres. Kesemua hormon positif ini akan bekerja sama menimbulkan perasaan senang dan mengusir stres, sehingga menciptakan pikiran-pikiran positif dan memperbaiki kualitas tidur. Itu sebabnya kenapa olahraga sering disarankan sebagai terapi tambahan untuk mengelola gejala berbagai penyakit mental.